erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Nihongo Nouryoku Shiken日本語能力試験 di jepang – part1

2 Komentar

Bulan Juli sudah sampai pertengahan belum ada postingan jugaa huhuhu, cerita cerita jadi menumpuk deh. Apalagi bulan ini spesial, Ramadan pertama di Jepang pas musim panas dan hamil juga. Makin seru ingin berbagi petualangnnya. Sebelumnya juga banyak hal yang ingin di abadikan dalam cerita blog ini mulai dari masak-masak, tes JLPT ( Japanese Laguage Proficiecy Test) , Jalan-jalan,  persiapan administrasi sebelum pulang sampe Ramadan di Jepang.

Nah diurut dari permulaan Juli aja yang mumpung masih ingat yaitu tentang Nihongo Nouryoku Shiken 日本語能力試験 ato Japanese Laguage Proficiecy Test (JLPT).

Niat ingin daftar JLPT  muncul lagi setelah lama ga nyentuh buku pelajaran, mumpung di jepang pengen merasakan sensasi tes di sini hehehe.Terakhir ikutan pas tahun 2007, waktu itu JLPT masih diadakan 1 tahun sekali tiap bulan Desember dan terdiri dari 4 level  ( N1- N4) . Nah sejak tahun 2010 ada perubahan, JLPT diadakan 2 kali setahun yaitu pada  bulan Juli & Desember,  serta tingkatan berubaah dari  level  1 – 5 ( N1-N5) . Pada pertengahan 2013 ini JLPT diadakan tepatnya pada hari Minggu, 7 Juli 2013.

Pertama mencari informasi tentang tes JLPT ini ya dari googling dan ketemu page ini http://www.jlpt.jp/e/index.html  . Dari sini sudah lengkap panduan untuk pendaftarannya jika kita mengikuti step-stepnya. Pertama saya liat  di kolom Test Registration Process. Wah pas banget sedang dibuka pendaftaran, waktu itu awal April.

Gambar

Kalo dilihat urutannya, proses untuk registrasi online adalah :

  1. Sign up untuk akun MyJLPT di web JEES.  Isi data yang diperlukan lalu cek konfirmasinya di email terdaftar untuk mengetahui  ID kita.
  2.  Setelah itu bisa login di web yang sama dengan ID yang di infokan via email dan mulai isi data yang diperlukan untuk register JLPT. Sekali membuat akun di MyJLPT  bisa untuk beberapa kali tes.
  3.  Lakukan pembayaran di tempat yang telah kita pilih lalu konfirmasi sesuai cara pembayarannya. Untuk metode pembayaran, memerlukan Application Acceptance Number yang juga diinfo via email setelah kita menentukan metodenya waktu registrasi.
  4. Tunggu terima pengiriman test voucher (受験票ーJukenhyou)  via post 2 bulan kemudian atau kira-kira 3 minggu sebelum tes. Dari voucher ini diinformasikan lokasi dan nomor tes nya (試験会場 Shikenkaijou、試験室 Shikenshitsu, 受験番号 Jukenbangou)
  5. Ikuti tes pada Hari H dengan membaa voucher
  6. Tunggu pengumuuman 2 bulan kemudian via internet. Jika lulus akan mendapat sertifikat.  (untuk kasus saya agak lain nih karena harus pulang sebelum pengumuman, jadi harus siapkan amplop kosong untuk pengiriman sertifikat jika lulus = PD amat bisa lulus, aamiin :)

    Gambar

    step mengikuti JLPT

Gambar

web JEES untuk login dan mencari informasi lainnya

Baca-baca semua informasinya sudah lengkap & disertai link ke JEES (Japan Educational Exchange Servise)  untuk registrasi online. Jadi tinggal klik aja semua kolom informasinya. Mulai dari sign up, cara mendaftar ,  isi data hingga proses pembayaran ( daftarnya 5500 yen untuk semua level : lumayan merogoh kocek pribadi ) yang bisa dipilih melalui apa. Untuk Foto juga diperlukan, bisa di upload dari folder pribadi, atau langsung dengan webcam.Waktu itu susah banged mau upload jadi langsung jepret pake webcam dan hasilnya pun seadanya :) .  Dengan Login di web http://info.jees-jlpt.jp/  kita bisa mengikuti update informasi tentang JLPT ini.   Web tadi juga ada pilihan bahasa, pilih gampangnya aja pake English :). Oya  Setelah registrasi dan menentukan metode pembayaran kita akan mendapat konfirmasi juga via email yang berisi no. pendaftaran (受付番号 Uketsuke bangou) yang kita pakai untuk membayar di kombini。Kalo ga salah input yang Payment receipt number ( diliat aja minta input berapa digit . waktu itu dibantu ma petugas tokonya :)

Gambar

contoh kwitansi pembayaran yang harus kita simpan

Gambar
Urutan / step di mesin pembayaran Lawson. Setelah keluar struk baru kita bayar di kasir.

Untuk pembayaran Saya pilih via kombini (convinience store) Lawson yang deket dengan asrama.  Di web juga sudah ada panduan step-step pembayaran sesuai cara yang dipilih, termasuk membayar di Lawson ini. Kalo sudah bayar , login dan cek di akun JEES kita sudah confirm atau belum  ( ada tanda : paid). Waktu itu saya ga kirim email ke JLPT  aplication center untuk konfirmasi.Gambar Setelah semua proses beres, tinggal tunggu deh jadwal pengiriman test Voucher pada bulan Juni. Sempat dag dig dug nunggu kapan bisa terima voucher karena semua serba online . Alhamdulillah dikirim juga, karena dari voucher baru bisa diketahui no Test & lokasi ujian. Lokasi ujian biasanya dipilih yang dekat area tempat tinggal yang kita cantumkan waktu daftar.

screen jlpt web3

bagian link ke latihan soal yang ada gambar senseinya itu

Sambil nunggu belajar lah yaa. Rada malu juga 3 kali ikut N2 lom tembus juga. Model beginian emang belajar seadanya mulu . Kali ini mengandalkan latihan online dari internet. Di web http://www.jlpt.jp/e/index.html  juga disediakan latihan soal lho. Klik aja bagian bawah pojok kanan. Nanti masuk ke page latihan online, ada juga yang bisa di download.  ( mungkin suatu saap webnya du upgrade & lokasi link bisa beda )
Saya print out hasil download & dibahas ma sensei di Nihongokai asrama, itupun 2 kali doang trus bolos forever. Sisanya dibantu ma Noriko san untuk membahas soalnya. Mendekati hari H baru cari latihan di web lainnya, ga banyak pilih-pilih nemunya yang ini  ( harus login dulu ) : http://www.jlpt-practice.com/studyroom

Sementara ini dulu sharingnya sebatas kemampuan memori, maklum uda berlalu. Kisah pas hari H insya Allah di halaman lain :)

About these ads

Author: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

2 thoughts on “Nihongo Nouryoku Shiken日本語能力試験 di jepang – part1

  1. Dear mbak Erlin selamat buat kehamilannya ya :smile: . Sukses juga buat tesnya, lumayan juga klo merogoh kocek sendiri harus pikir plus minusnya :wink: .

    • Makasih mbak Nella, iya ragu juga sih mau ikutan lha wong cuma IRT buat apa coba.Tapi suami mendukung, akhirnya daftar juga. Sapa tau lulus & bisa mendatangkan job nanti hehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.