erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start


Tinggalkan komentar

Menginjak Daratan Ciledug- Tangerang :)

Satu tahun tiga bulan kami tinggal di daerah ibu kota dan merasakan jadi warga DKI Jakarta Timur dengan berbagai pernak pernik yang ada di perkampungan padat akhirnya harus jadi kenangan. Meninggalkan tetangga dekat, meninggalkan sekolah TK Dakwah Islam meski belum lulus dan teman-teman yang dikenal selama di Utan Kayu Utara untuk pindah ke tempat baru.  Pada 2 Juni 2015 kami pindah ke daerah ciledug, tepatnya di Komplek Keuangan Karang Tengah Tangerang. Alhamdulillah harapan untuk mendapat rumah dinas dari kantor suami dapat terkabul. Setelah kurang lebih setahun juga menunggu dapat ‘jatah’ rumdin. Tentu sangat membantu para pegawai dibandingkan harus ngontrak rumah dengan harga selangit tiap tahunnya.

Kesan pertama  adalah jarak tempuh ke kantor suami jadi tambah jauh, kedua saat melihat kondisi jalan raya nya dengan kendaraan yang wow padatnya langsung terlintas ‘tiap hari aku harus melintasi jalanan seperti ini ….menegangkan deh ‘ (lintasan pikiran ibu-ibu jarang keluar rumah hehehhe) .  Begitu tiba di lokasi komplek kesannya lain lagi…jalanan kompleknya  luas dan tak terlalu ramai, apalagi dapat rumah dan halamannya lebih luas . Jauuh dibandingkan ngontrak dulu. Insya Allah lah disini bisa lebih baik kehidupannya, jieeeh. Sebelum pindah kesini uda cari kenalan dari ibu-ibu istri pegawai. Ternyata banyak juga yang pindahan dari Utan kayu. So…we start new Life here ya dear…tinggal di komplek dengan permasalahan yang komplek. Hehehhehe

Sebenarnya tinggal di Tangerang bukan pertama kali. Saya dan Suami sebelum menikah, masing-masing juga tinggal di Tangerang Selatan tepatnya daerah Jurang Mangu – Pondok Aren (Ketahuan jadinya jodoh ketemunya dimana  :)) . TApi dasar saya yang kurang gaul jadi ga pernah main jauh ke daerah Tangerang lainnya termasuk ke Karang Tengah ini. Palingan ikutin jalur angkot aja dari Pasar Mayestik ke Pondok Aren ato metromini Blok M-Ciledug. Selain itu banyak perubahan setelah 4 tahun meninggalkan Tangerang Selatan. Jadi kembali ke daerah Tangerang lagi ya serasa asing, apalagi beda wilayah dimana saat ini tinggal di wilayah Tangerang kota.

Lanjut cerita, tinggal di Karang tengah seketika itu langsung membiasakan diri, adaptasi ini itu. Termasuk yang urgent adalah mencari sekolah buat Fahmi dan kendaraan untuk mondar mandir. Berhubung baru punya motor 1, jadi suami harus rela nebeng tetangga untuk kerja.  Ada bus antar jemput pegawai tapi waktunya tidak pas dengan jam kerja suami. Masalah Urgent yang dimaksud tadi, membuat lintasan pikiran saat pertama kali datang menjadi kenyataan, yaitu mondar mandir di tengah arus lalu lintas yang padat dan jalanan yang masih asing. Biasa waktu di Jakarta Timur kemana mana jalan kaki atau naik Bajaj, disini harus menempuh jarak agak jauh untuk sekolah ato ke pasar daaan tidak ada bajaj yaa.  Luar Biasa banyak hal baru yang dipelajari disini. Tinggal di rumah dinas dengan para tetangga dari bidang pekerjaan yang sama membuat kita merasa senasib sepenanggungan hehehhe. Jarak tempuh yang jauh dari rumah dinas ke kantor tentu menyita waktu para pegawai (Mayoritas bapak-bapak) dan menyatukan para istri pegawai sebagai penjaga rumah dan anak. :)). Disinilah para ibu jadi banyak belajar dan berbagi dengan kelihaian  masing-masing. Heheheh ada banyak yang seru pokoknya deh. Cerita lain tunggu wangsit yaa untuk nulisnya ..:)) ALhamdulillah.

 

 

 

 

 


Tinggalkan komentar

Memilih sekolah

Sebenarnya pingin nulis cerita saat Fahmi mulai masuk sekolah TK . Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentunya. Sampai ada yang bikin dilema pula apakah benar yang kita putuskan ini..?

sebelum kesampaian mau share dulu tips yang didapat dari grup ortu TK yang sekarang (TK Dakwah Islam) . Biasalah kalo mo nulis printilannya bikin rempong.

CARA SEDERHANA MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK UNTUK ANAK KITA.

1. Perhatikan baik2 mulai kita datang dan bertanya informasi apakah disambut dengan baik, ramah, di jelaskan dengan sabar; atau malah sebaliknya tidak ada yang menyapa, tidak ramah, tidak paham info dan di pimpong kesana kemari.

Itu artinya secara sistem dan kesiapan sekolah dan sumber dayanya masih berantakan dan tidak terkordinasi dengan baik; itu akan sangat berdampak pada anak saat proses belajar mengajar berlangsung. Jika gurunya tidak ramah pada kita saat itu Bisa dipastikan banyak guru yang tidak ramah, tidak sabar pada saat mengajar anak kita disekolah.

2. Pada saat kita bertanya tentang sekolah, apakah sekolah meminta komitment pada orang tua, jika perlu dalam bentuk resmi di tanda tangani untuk mengajak orang tua bekerjasama dalam menyelesaikan masalah anak secara tuntas hingga ke rumah, atau lebih banyak membahas syarat2 administrasi pendaftaran dan biaya2 yang harus di bayarkan ?

Itu artinya sekolahnya lebih fokus pada administratif dan keungan daripada ke anak didiknya dan proses pendidikannya. Sekolah semacam ini biasanya terlihat mentereng dan keren tapi muridnya banyak mengalami masalah dan tertekan.

3. Apakah banyak tukang jualan makanan yang tidak jelas di depan sekolah? atau memiliki kantin sendiri atau anak malah di anjurkan membawa bekal dari rumah.

Jika sekolah membiarkan banyak tukang jualan maknan dan anak dibolehkan membelinya berarti sekolah tersebut tidak peduli pada kesehatan anak kita terutama pada makanan yang berpotensi mengandung racun atau bahkan narkoba (zaman sekarang banyak gula2 yang disisipi narkoba – seperti berita2 investigasi di tv).

4. Pergilah ke kantin sekolah tersebut saat anak2 istirahat dan makan disana; perhatikan apa obrolan mereka, apakah mereka menggunakan kata yang halus dan sopan atau sebaliknya; dan bagaimana mereka bergaul disana apakah lebih banyak memuji atau mengejek atau malah “nge gank” dan tidak membaur saat makan

jika anak membicarakan hal-hal negatif dan melakukan hal-hal negatif itu artinya prilaku itulah yang nanti akan ditularkan pada anak kita dan dibawa pulang kerumah. Artinya sekolah kurang peduli pada perkembangan akhlak anak.

5. Pergilah ke Toiletnya setelah lihat kelasnya ; apa bila toiletnya kotor dan bau; jelas bahwa sekolah tersebut tidak peduli pada kebersihan. Karena Toilet adalah ukuran kebersihan sekaligus barometer kepedulian dari pihak pengelola terhadap institusi yang dipimpinnya.

Tentu masih  ada lagi yang lain sesuai kriteria kita. Semoga Allah memberi petunjuk terbaik untuk pendidikan anak anak kita


Tinggalkan komentar

Menghafal nama surat dalam Al Qur’an

Alhamdulillah hampir setahun bergabung dalam grup ODOJ ( one day one juz) banyak suka duka dalam mempertahankan untuk kholas tiap hari. Agar keseharian tak lepas interaksi kita dengan Al Qur’an. Selain grup ODOJ booming juga grup grup lain di sosmed baik FB, WA maupun BBM sampe bingung kebanyakan grup. Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari saling berbagi (mau jual beli, update berita, tips dsb) saking mudahnya sharing, informasi jadi overlapping. Jadi cepet Lupa hehehe.  Jadi harus disave sendiri buat jaga jaga barangkali suatu saat membutuhkan informasi yang ada di grup. ONE DAY ONE JUZ 340 20141228_133542

Nah salah satunya tips berikut juga didapat dari grup di WA. Belum berhasil melaksanakanya sii jadi coba dituangkan dulu disini. Sewaktu waktu bisa dilihat & (semoga) ga lupa simpan catatan nya dimana. Tinggal lari aja kesini. Hmm …lupa sumber nya dari mana😀.

SALAH SATU CARA MUDAH MENGHAPAL NAMA2 SURAH DALAM AQUR’AN

Al Qur’an adalah Kitab Suci agama Islam yang wajib di baca dan    dipelajari oleh setiap umat Muslim.Namun faktanya , sangat jarang umat muslim yang bisa menghapal seluruh isi Al Qur’an ( Tahfidz ). Jangankan hapal isinya , urutan nama-nama surah yang ada dalam Al Qur’an saja tidak banyak yang hapal. Nah untuk lebih meningkatkan motivasi kita semua agar nantinya mampu menghapal seluruh isi Al Qur’an , maka saya coba memulainya dengan memberikan satu cara yang menyenangkan untuk menghapal nama-nama surah dalam Al Qur’an. Salah satu metode menghapal yang cukup efektif adalah dengan membuat cerita dari urutan surah sehingga kita mudah mengingatnya.

Cobalah baca Cerita-cerita di bawah ini, dan perhatikan kata-kata yang berhuruf besar. Kata- kata tersebut adalah nama-nama surat dalam Al Qur’an. Hafalkan ceritanya, dan kemudian tuliskan kata-kata tersebut secara berurut.Maka akan kita dapatkan nama surat dan nomor urutnya. Silahkan mencoba :

Cerita I ; (Surah 1 – 10)

Paman membaca AL FATIHAH sebelum memasak SAPI BETINA milik KELUARGA IMRAN yang punya anak wanita bernama AN NISA. Sebagian HIDANGAN itu diberikan untuk BINATANG TERNAK. Kemudian paman menuju TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI, untuk mencuri HARTA RAMPASAN PERANG. Namun akhirnya paman ber-TAUBAT seperti taubatnya Nabi YUNUS.

NO.KRONOLOGI CERITA

1.AL-FATIHAH

2.SAPI BETINA – AL-BAQOROH

3.KELUARGA IMRAN – ALI IMRON

4.AN NISA

5.HIDANGAN – AL MAIDAH

6.BINATANG TERNAK – AL AN ‘AM

7.TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI – AL A’ ROF

8.HARTA RAMPASAN PERANG – AL ANFAL

9.TAUBAT – AT TAUBAH

10.YUNUS

Cerita II; (Surah 11 – 20)

HUD dan YUSUF melihat PETIR.Sementara itu IBRAHIM sedang berada di PEGUNUNGAN HIJR. Ia mencari LEBAH, untuk kemudian memulai PERJALANAN MALAM menuju ke GUA untuk menemui MARYAM dan TOHA.

NO.KRONOLOGI CERITA

11.HUD

12.YUSUF

13.PETIR – AR RA’D

14.IBRAHIM

15.PEGUNUNGAN HIJR – AL HIJR

16.LEBAH – AN NAHL

17.PERJALANAN MALAM – AL ISRO

18.GUA – AL KAHFI

19.MARYAM

20.TOHA

Cerita III ; (Surah 21 – 30)

PARA NABI pergi HAJI diikuti oleh ORANG-ORANG BERIMAN. Mereka seperti CAHAYA. Inilah yang menjadi PEMBEDA ANTARA YANG BENAR DAN BATHIL. Sementara itu, PARA PENYAIR bercerita tentang SEMUT.

Cerita itu terangkum dalam buku KISAH –KISAH. Dalam buku itu juga diceritakan tentang LABA-LABA yang menyerang BANGSA ROMAWI.

NO.KRONOLOGI CERITA

21.PARA NABI – AL ANBIYA

22.HAJI – AL HAJJ

23.ORANG – ORANG BERIMAN-AL

MU’MINUN

24.CAHAYA – AN NUR

25.PEMBEDA ANTARA YANG BENAR

DAN BATHIL – AL FURQON

26.PARA PENYAIR – ASY SYU ‘ARO

27.SEMUT-AN NAML

28.KISAH2 – AL QOSHOSH

29.LABA-LABA – AL ‘ANKABUT

30.BANGSA ROMAWI – AR RUM

Cerita IV ; (Surah 31 – 40)

LUKMAN tidak berSUJUD di kaum yang terkena AHZAB dan tidak juga kepada kaum SABA’. Sementara itu FATHIR dan YASIN berdiri bersama orang YANG BERSHAF-SHAF dan membentuk huruf SHOD. Mereka teramasuk ROMBONGAN – ROMBONGAN yang memohon ampunan kepada YANG MAHA PENGAMPUN.

NO.KRONOLOGI CERITA

31.LUKMAN – LUQMAN

32.SUJUD – AS SAJDAH

33.AL AHZAB

34.SABA’

35.FATHIR

36.YASIN

37.YANG BERSHAF2– ASH

SHOOFFAT

38 SHOD

39.ROMBONGAN-ROMBONGAN – AZ

ZUMAR

40.YANG MAHA PENGAMPUN –

GHOFIR

Cerita V; (Surah 41 – 50)

YANG DIJELASKAN dalam MUSYAWARAH itu adalah tentang

PERHIASAN. Bukan tentang KABUT. Sementara itu banyak orang YANG BERLUTUT di BUKIT-BUKIT PASIR. Saat itulah MUHAMMAD mendapat KEMENANGAN. Hal ini ditandai dengan KAMAR-KAMAR bertuliskan huruf QOF.

NO.KRONOLOGI CERITA

41.YANG DIJELASKAN – FUSHSHILAT

42.MUSYAWARAH – ASY SYURA

43.PERHIASAN – AZ ZUKHRUF

44.KABUT – AD DUKHAN

45.YANG BERLUTUT – AL JATSIYAH

46.BUKIT2 PASIR – AL AHQOF

47.MUHAMMAD – MUHAMMAD

48.KEMENANGAN – AL FATH

49.KAMAR2– AL HUJURAT

50.QOF

Cerita VI ; (Surah 51 – 60)

ANGIN YANG MENERBANGKAN

membawa awan ke bukit THURSINA.Ini terjadi saat BINTANG dan BULAN bersinar. Sementara itu pak RAHMAN sedang berceramah tentang HARI KIAMAT. Dimana BESI hancur, WANITA YANG MENGAJUKAN GUGATAN mengalami PENGUSIRAN, dan banyak PEREMPUAN YANG DIUJI.

NO.KRONOLOGI CERITA

51.ANGIN YANG MENERBANGKAN –

ADZ DZARIYAT

52.THURSINA – ATH THUR

53.BINTANG – AN NAJM

54.BULAN – AL QOMAR

55.AR RAHMAN

56.HARI KIAMAT – AL WAQI ‘AH

57.BESI – AL HADID

58.WANITA YANG MENGAJUKAN

GUGATAN – AL MUJADILAH

59 PENGUSIRAN – AL HASYR

60.PEREMPUAN YANG DIUJI – AL

MUMTAHANAH

Cerita VII ; (Surah 61 – 70)

BARISAN orang beriman pada HARI JUM’AT berbeda dengan ORANG – ORANG MUNAFIK. Demikian juga pada HARI DITAMPAKAN KESALAHAN -KESALAHAN. Ketika aku di-TALAK, aku MENGHARAMKAN dia untuk masuk rumah ini. KERAJAAN yang indah, PENA yang mahal, pada HARI KIAMAT tidak lagi berharga. Disinilah

TEMPAT-TEMPAT NAIK bagi amal sholih.

NO.KRONOLOGI CERITA

61.BARISAN – ASH SHOF

62.HARI JUM’AT – AL JUMU’AH

63.ORANG-ORANG MUNAFIK – AL

MUNAFIQUN

64.HARI DITAMPAKAN KESALAHAN-

KESALAHAN – AL TAGHOBUN

65.TALAK – ATH THOLAQ

66.MENGHARAMKAN – AT TAHRIM

67.KERAJAAN – AL MULK

68.PENA – AL QOLAM

69.HARI KIAMAT – AL HAAQQAH

70.TEMPAT2 NAIK – AL MA

‘ARIJ

Cerita VIII ; (Surah 71 – 80)

NUH diganggu JIN disaat ORANG YANG BERSELIMUT dan ORANG YANG BERKEMUL tertidur pulas. Ia tidak menyadari datangnya KIAMAT. Sementara itu, ketika MANUSIA bertemu dengan MALAIKAT YANG

DIUTUS untuk menyampaikan BERITA

BESAR tentang kematian, MALAIKAT-

MALAIKAT YANG MENCABUT nyawa

sedang melihat IA BERMUKA MASAM.

NO.KRONOLOGI CERITA

71.NUH – NUH

72.JIN – AL JINN

73.ORANG YANG BERSELIMUT – AL

MUZAMMIL

74.ORANG YANG BERKEMUL – AL

MUDATSTSIR

75.KIAMAT – AL QIYAMAH

76.MANUSIA – AL INSAN

77.MALAIKAT YANG DIUTUS – AL

MURSALAT

78.BERITA BESAR – AN NABA’

79.MALAIKAT2 YANG

MENCABUT – AN NAZI ‘AT

80.IA BERMUKA MASAM – ‘ABASA

Cerita IX ; (Surah 81 – 90)

Ombak MENGGULUNG, bumi TERBELAH, ORANG-ORANG YANG

CURANG pun ikut TERBELAH. Mereka

seperti GUGUSAN BINTANG YANG DATANG DI MALAM HARI. Mereka berada di tempat YANG PALING TINGGI. Pada HARI PEMBALASAN tidak akan muncul FAJAR di NEGERI manapun.

NO.KRONOLOGI CERITA

81.MENGGULUNG – AT TAKWIR

82.TERBELAH – AL INFITHOR

83.ORANG-ORANG YANG CURANG –

AL MUTHOFFIFIN

84.TERBELAH – AL INSYIQOQ

85.GUGUSAN BINTANG – AL BURUJ

86.YANG DATANG DI MALAM HARI – ATH THORIQ

87.YANG PALING TINGGI – AL A ‘LA

88.HARI PEMBALASAN – AL GHOSYIYAH

89.FAJAR – AL FAJR

90.NEGERI – AL BALAD

Cerita X; (Surah 91 – 100)

MATAHARI tenggelam saat MALAM tiba. Dan ketika WAKTU DHUHA, Allah MELAPANGKAN rizki dan menumbuhkan BUAH TIN. Sementara itu manusia yang berasal dari SEGUMPAL DARAH tidak mempunyai KEMULIAAN sedikit pun. Ini adalah BUKTI akan terjadi KEGONCANGAN di dunia. Hingga KUDA PERANG YANG BERLARI KENCANG pun mati.

NO.KRONOLOGI CERITA

91.MATAHARI – ASY SYAMS

92.MALAM – AL LAIL

93.WAKTU DHUHA – ADH DHUHA

94.MELAPANGKAN – AL INSYIROH

95.BUAH TIN – AT TIN

96.SEGUMPAL DARAH – AL ‘ALAQ

97.KEMULIAAN – AL QODR

98.BUKTI – AL BAYYINAH

99.KEGONCANGAN – AZ ZALZALAH

100.KUDA PERANG YANG BERLARI

KENCANG – AL`ADIYAT

Cerita XI ; (Surah 101 – 110)

HARI KIAMAT, hari dimana manusia

tidak bisa lagi BERMEGAH-MEGAHAN.

Pada MASA itulah si PENGUMPAT mati diinjak-injak GAJAH. Sementara itu SUKU QURAISY bertengkar dengan

pak MA’UN di tepi telaga KAUTSAR. Saat itu ORANG-ORANG KAFIR tidak mendapatkan PERTOLONGAN.

NO.KRONOLOGI CERITA

101.HARI KIAMAT– AL QORI ‘AH

102.BERMEGAH-MEGAHAN – AT

TAKATSUR

103.MASA – AL ‘ASHR

104.PENGUMPAT – AL HUMAZAH

105.GAJAH – AL FI-L

106.SUKU QURAISY – QURAISY

107.MA’UN – AL MA ‘UN

108.KAUTSAR – AL KAUTSAR

109.ORANG-ORANG KAFIR – AL KAFIRUN

110.PERTOLONGAN – AN NASHR

Cerita XII (Surah 111-114)

Insya Allah 4 surat terakhir ini semua

dari kita sudah menghafalnya.

NO.SURAT

111.AL LAHAB

112.AL IKHLASH

113.AL FALAQ

114.  NAAS


Tinggalkan komentar

My Second Bump to Birth

My second Bump to birth .

Cerita tentang kehamilan dan persalinan kedua.

setiap kehamilan dan persalinan itu unik ga bisa disamakan satu sama lainnya. Memang ada sih yang mirip tapi tentu ga sama persis… siiiis. Begitu juga pengalamanku yang kedua ini. Sangat berkesan karena saat hamil sampai mingu ke -26 masih berada di Tokyo , jadi teringat kembali saat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada disana. Minggu ke 27 hingga melahirkan sudah kembali ke kampung halaman di pelosok Jawa Timur sehingga merasakan perbedaan fasilitas yang ada. termasuk baru sempet nulis setelah setahun persalian. Yaa itung itung kado ultah buat my lil princess. Heheheh alasan….

Ceritanya Dibagi 2 aja yaa antara kehamilan dan persalinannya. So this is it..

THE NEXT PREGNANCY.

PART 1

Sebelumnya, ini berbagi cerita dari sudut pandang pribadi yang baru pertama kali menjalani kehamilan di Jepang yang tentu jauh beda dengan yang sudah lama dan berpengalaman tinggal disana. Oke, begitu masuk tahun 2013 program hamil pun dimulai dengang harapan waktu pulang ke Indonesia nanti usia kehamilan masih aman untuk perjalanan jauh. Alhamdulillah di bulan kedua (masih musim dingin ehemmm) sudah ada tanda-tanda. Pertama untuk memastikan saya beli tespack ( 妊娠検査ninshin kensa) di drugstore. Agak ragu memakainya karena harganya lumayan juga, paling murah 700 yen-an. Kalo ga positip kan sayang hehehe. Alhamdulillah dua garis. Lanjut deh cari info tentang pemeriksaan kehamilan ke beberapa teman. Kebetulan tak berselang lama ada pertemuan yang digagas KIFA membahas tentang asuransi kehamilan dan persalinan di Kodaira. Jadi lebih tahu apa aja yang bisa didapatkan saat hamil dan melahirkan. Rumah sakit yang direkomendasikan sekitar Kodaira biasanya Showa byoin tapi tak ada dokter perempuan disana, kalo bidan tentu ada. Dari hasil tanya teman dan senpai ketemu juga dokter SpOg yang perempuan. Tempat praktek bukan di rumah sakit melainkan di klinik pribadinya yaitu Ishikawa Teruyo women klinik (石川てる代ウィメンズクリニック) dekat stasiun Kokubunji. Hanya satu eki aja dari Hitotsubashigakuen. Karena belum pengalaman bagaimana periksa di klinik ( Kalo klinik dokter anak Suzuki sensei uda pengalaman, langsung datang aja karena dekat dorm heheh OOT niy) saya hubungi Noriko san untuk tanya-tanya, eh malah dibantu lebih , ditelponkan kliniknya untuk appointment dan diantar pake mobil tiap kali periksa ( pulang dari klinik trus belanja di OK mart hehehe ibu-ibu gituu) . Senangnyaa… untuk pertama kali periksa karena belum punya kartu appointment jadi Noriko san mengajak berangkat agak pagi. Pas datang pertama kali tanggal 12 Maret 2013 kurang beruntung karena ada pengumuman di pintu kalo kliniknya libur. Tapi jadi lebih untung karena Noriko san mengajak pergi ke taman (Konogaya koen) dekat Klinik😀 waktu itu kumplit ajak suami dan anak.

Datang lagi ke klinik minggu depannya dan menurutku masih belum beruntung karena dokter Ishikawa tidak masuk jadi ada dokter pengganti (lupa namanya tapi kanjinya 木原 先生) lebih muda dan ceplas ceplos (kesanku, padahal dengan dokter yang biasanya juga belum pernah ketemu). Ternyata oh ternyata standart periksa hamil di minggu-mingu pertama melalui periksa dalam (vaginal check)..byuuuh. Nah periksa pertama ini dokter belum menyatakan positif hamil karena belum kelihatan janinnya, baru kantungnya saja. Jadi diminta datang lagi minggu depannya jika sudah positif baru bisa ke Health center (健康センターkenkou senta) untuk minta Boshitecho (母子手帳Buku catatan kehamilan- tentang boshitecho ntar yaa ceritanya). Lanjut tentang periksa hari pertama, belum dapat voucher periksa jadi bayarnya 3620 Yen setelah ditanggung NHI ( National Health Insurance-国民健康保険kokumin kenkouhoken). Tapi sudah dapat kartu pasien dan dibuatkan tiket appointment untuk periksa selanjutnya. Nah pas periksa berikutnya tanggal 26 Maret 2013 ini baru pertama kali bertemu Ishikawa sensei, kelihatan senior dan kalem. Tetep periksa dalam ditambah USG kalo ga salah ingat , kali ini bayar 2900 yen. alhamdulillah positif hamil dan diberitahukan juga HPL nya (予定日yoteibi) – 3 Nopember 2013- jadi pulang dari klinik langsung meluncur ke Health center meski sudah mulai pusing dan mualnya. Disana juga dilayani dengan baik meski saat itu sedang jam istirahat. Setelah isi form yang diperlukan baru dikasih satu bundel amplop berisi macam-macam informasi tentang ibu hamil (母と子の健康バッグ) Ini dia yag diharap-harapkan karena isinya keren hehehe ( yang paling diharap adalah gantungan tas khusus ibu hamil biar dapat tempat duduk prioritas di kereta😀 dan tentu saja kupon/voucher nya).

Ada 21 list didalam bundel tersebut diantaranya;

1. Kupon untuk 14 kali periksa / general check ( baru kepake 5 kupon hik hiks).

2. Maternal & child health handbook 母子健康手帳―Boshikenkoutechou-(Buku catatan kesehatan ibu dan anak – kirain buku ini didapat dari bidan ato dokter seperti halnya kalo di Indonesia ternyata disini jadi tanggung jawab Health center untuk memberikannya).

3. Key Holder khusus ibu hamil ( paling suka pamer ini di kereta heheheheh).  Tiap kota ada desain masing masing tapi gambar dan tulisannya sama おなかの中赤ちゃんがいる . Intinya pemberitahuan bahwa sedang hamil dan butuh perlakuan khusus misalnya dapat prioritas tempat duduk di kereta atau bis.

Ga dipasang di kunci seh lebih banyak digantung ditas. Benda favorit bumil yg bangga dg kehamilannya :D  *pamer terselubung*

Ga dipasang di kunci seh lebih banyak digantung ditas. Benda favorit bumil yg bangga dg kehamilannya😀
*pamer terselubung*

4. Voucher ke dentist –lebih mirip surat rujukan- untuk satu kali periksa gigi (Gigi ibu hamil pun jadi perhatian, periksa gigi ini dilakukan setelah kehamilan diatas 20 minggu) .

5. Ucapan selamat atas kehamilan.

6. dst. Buku-buku panduan tentang kehamilan, buku khusus buat calon ayah, stiker, jadwal kelas ibu hamil dsb. Mantap banget deh perhatiannya..

Setelah mendapat bundel ini maka tiap kali datang periksa ke klinik yang perlu disiapkan dan dibawa antara lain :

1. Kartu pasien klinik . yang sudah dibuatkan saat pertama kali datang ke klinik.

Kartu pasien yang harus dibawa tiap kali periksa ( tampak belakang)

Kartu pasien yang harus dibawa tiap kali periksa ( tampak belakang)

2. Tiket / struk appointment . dibuatkan dokter/ perawat saat periksa sebelumnya berisi tanggal dan jam . Jadi bisa datang sesuai jam perjanjian ga perlu antri lama. Pernah datang terlambat dan harus nunggu sampe pasien habis –tersiksa deh kalo ga on time- beda banget kan dg di Indonesia yang kalo kita datang periksa waktu antrinya ga jelas tergantung dokternya.

3. NHI card – kartu asuransi ( National Health insurance-国民健康保険)

4. Voucher periksa sesuai urutan kedatangan. Ada 3 rangkap yang harus diisi nama dan alamat kita, no telpon dan HPL. Ada beberapa list check up yang akan dilakukan diantaranya tes infeksi kelamin (Clamidia), Tes hepatitis dst yang ga begitu paham istilah medisnya. Dilakukan berurutan tiap periksa. Dengan membawa voucher ini biayanya yang diperlukan antara 1800-1900 yen tiap datang. Cerita teman di perfektur lain malah gratis lho kalo periksa hamil. Jadi tergantung kebijakan daerah juga potongan harganya.

5. Maternal & Child Health Handbook( 母子健康手帳)

Seperti buku KIA ( kesehatan ibu dan anak ) yang dibawa ke posyandu / bidan. Yang ini versi English. Kalo yg versi jepang bukunya kecil seperti buku saku

Seperti buku KIA ( kesehatan ibu dan anak ) yang dibawa ke posyandu / bidan. Yang ini versi English. Kalo yg versi jepang bukunya kecil seperti buku saku

Tak boleh lupa, begitu sampai di klinik langsung mengambil sampel urine di toilet klinik. Cup & spidol untuk menamai biasanya sudah tersedia di toilet. Ada semacam jendela kecil untuk meletakkan sampel yang sudah diambil. Sehingga memudahkan perawat untuk mengambilnya.

Trimester pertama pemeriksaan masih dilakukan dari bawah (Transviginal) , begitu masuk trimester kedua baru dilakukan melalui USG ( minggu keberapa tepatnya sudah lupa). Biasanya waktu periksa dipanggil bolak balik kurleb 2-3 kali. Untuk sesi pemeriksaan tensi & BB oleh perawat lalu pemeriksaan kandungan&konsultasi dengan dokter, selanjutnya sesi pembayaran😀. Sempat heran juga waktu diperiksa kenapa tidak dikasih resep vitamin seperti halnya di Indonesia, ketika periksa hamil pulangnya dibekali berbagai resep multivitamin. Ternyata jika kandungannya baik-baik saja tidak perlu obat-obatan cukup dengan makanan bergizi. Jika ingin tambahan dipersilahkan beli sendiri di apotek. Nah loh kita di Indo kebanyakan nge-drug rupanya. Masuk usia kehamilan keempat dan seterusnya uda mulai tanya jenis kelamin janin saat periksa tapi dokter belum memastikan karena memang belum kelihatan jelas. Kebiasaan juga sih katanya dokter disana ga terlalu mengumbar info tentang jenis kelamin janin biar kalo salah terka ga disalahkan juga kali ya.

Nah itu tadi cerita tentang periksa kehamilan hingga minggu ke 27 alias jalan 6 bulan. Cerita ngidam dan morning sickness yang kedua ini juga unik😀 . Mentang mentang di luar negri ngidamnya makanan kampung halaman banget yang belum musim di Jepang ( trimester pertama masih awal musim semi) sebutlah mangga & tumis kangkung. Trus pingin banget rujak petis & rawon halaah heran juga ini ngidam apa Cuma angin anginan pingin makannya. Suami sampe ngingetin jangan aneh-aneh biar anak ga ngileran ( emang nyambung yaa??) …..pemicu mual juga lain. Kalo dulu hamil pertama mual begitu bau bawang merah, kali ini kebalikannya. Mual saat mencium bau bawang putih ditambah aroma khas masakan jepang (aroma shoyu, tsuyu dan sejenisnya) yang suka bertebaran dari toko-.toko makanan. Yang mengherankan begitu deket suami juga mual, sumpah deh bukan maukuu ituuu. Lha begitu morningsickness sembuh, deket suami juga gapapa hehhe………………………………..********……………….to be continued…

 

PART 2

Di bagian kedua ini ceritanya nanti dipersingkat saja. Karena uda ngetik & save di Word sebelumnya eehh komputernya ngadatttt huhuhu😦 smua data ilang.

 

 


4 Komentar

Next part of JLPT level 2 : the Result – 日本語能力試験の結果

Alhamdulillah setelah menunggu kurang lebih 2 bulan, hasil tes JLPT (Japanese Language Proficiency Test) yang pernah diikuti akhirnya diumumkan. Posisi saat pengumuman sudah di tanah air tepatnya di kampong halaman dengan akses internet terbatas.  Masih beruntung ada modem yang mau memberikan sinyalnya untuk akses. Agak telat 2 hari mengetahui pengumuman yang sudah keluar di web My JLPT tanggal 27 Agustus 2013.  Hasilnyaaa mengejutkan …what a miracle, saya bisa lulus N2. Subhanallah, sungguh tidak menyangka dan merasa tidak ada usaha lebih untuk bias lulus. Selain pasti Karena kemurahan dan kemudahan dari Allah SWT.  Hadiah yang istimewa buat dede bayi karena mau diajak kerja sama :)  meski sampe sini belum tahu mau dipake apa itu status lulus N2, apalagi uda ga pake nihogo lagi sehari-hari jadi makin terkikis kalo ga dilatih terus. Karena yang paling kerasa saat mengikuti tes adalah bagian Chokai (listening) yang dulu kagok banged, nah pas tes terasa biasa karena memang masih di jepang dan sehari-hari yang didengar adalah nihongo. Jadi mungkin tips untuk yang mau ikutan tes lagi harus membiasakan untuk mendengar percakapan nihongo secara intensif dari berbagai media.

skor ga terlalu tingggi yg penting lulus ya ;)

skor ga terlalu tingggi yg penting lulus ya😉

Selanjutnya adalah bagaimana proses  untuk apply Certificate dan skornya.  Alhamdulillah ada teman yang masih domisili di jepang yang bersedia membantu mengurus prosesnya.  Aplikasinya tetap melalui web MYJLPT hanya saja untuk issued harus membayar 1000 Yen per lembar dan bias dikirim ke alamat di Jepang maupun abroad.
1.  Pengiriman  ke alamat Luar Negri : Ketika mencoba apply untuk dikirim ke alamat Indonesia ( dengan mengganti data alamat personal data / Modify MyJLPT Registration) ternyata pembayarannya harus dengan kartu kredit.  Berhubung ga punya kartu kredit jadi batal deh apply pengeluaran certificatenya.  Mikir lagi cara, Alhamdulillah bisa dengan bentuan teman ( agak merepotkan jadinya ya harus hutang dl ;p )

2. Pengiriman ke alamat di Jepang : Cukup simple karena pembayaran dilakukan di kombini aja, seperti waktu pendaftaran dulu. Step by Stepnya juga ada penjelasannya di web. Untuk alamat diganti dengan alamat teman yang kita mintai tolong. Beruntung lagi alamat teman yang membantu sama  karena 1 Asrama, tinggal ganti  nomor room aja. Saat apply ini yang login su ami yang sudah merantau lagi ke Jakarta karena di rumah ga ada modem jadi memandu caranya dari jauh sambil telpon & sms-an hehehe.  Tempat yang dipilih adalah kombini Lawson dekat asrama, disertai siapa nama yang akan membayar. Jadi waktu input ke mesin Loppy sudah ada nama  si pembayar. Hanya saja untuk no telpon yang di input harus no telpon peserta ujian. Eh Alhamdulillah lagi no telpon Jepang yang dulu masih aktif karena ada teman lain yang meneruskan kontrak telponnya.

step by step masih sama seperti saat mendaftar tes

step by step masih sama seperti saat mendaftar tes

Kalo uda dibayar akan ada konfimasi by email dan status di akun MyJLPT kalo uda paid. Nah 1 minggu kemudian dokumennya uda diterima deh. Tinggal minta tolong untuk dikirim ke Indonesia hehehe. Bersyukur deh punya teman-teman yang pengertian ( spesial thanks to Farida yaa)


4 Komentar

Rice Paper , apaan siih?

Ini salah satu PR tulisan yang belum sempat di aplot saat masih di Tokyo🙂
langsung aja yaa..

Satu lagi pengalaman menggunakan bahan makanan baru yang ingin ku share juga yaitu tentang rice paper ato bungkus lumpia dari tepung  beras.
Pengen bikin lumpia biasanya kulitnya tinggal beli aja, nah awal datang ke Jepang belum tau harus beli dimana , namanya apa dan bentuk kemasannya seperti apa.  Waktu belanja di Gyomu Supa liat ada Rice paper, karena kepikiran paper tu bisa buat bungkus heheheh. Tapi teksturnya kok keras kayak krupuk ya, penasaran nekad beli juga karena liat gambarnya juga ada makanan mirip lumpia tapi bungkusnya bening.

Nyampe rumah coba baca – baca cara pakainya trus praktekin buat bungkus sayuran mateng ( isi lumpia). Karena bentuknya yang kaku jadi debelumnya harus direndam air. Percobaan pertama rendam airnya kelamaan jadinga malah lengket sana ini dan mudah sobek.  pas uda bisa disiasati  untuk bungkus selanjutnya bingung mau memasaknya. Coba dogereng . di kukus , dipanggang pada lengket dan sobek bungkusnya huhuhuu…jadinya ya lumpia amburadul..

setelah itu baru deh browsing cari resep yang menggunakan rice paper , ( kok ga sebelum- sebelumnya yaa) nemunya juga pengalaman yang sama. Sama- sama lengket dan jadi ga rapih.
Sekian lama itu sisa rice paper tak ditengok dan dibiarin di lemari. Apalagi sudah dapat info dari temen tentang kulit lumpia yang sebenarnya. namanya Harumaki no Kawa ( 春巻きの皮) . Pake itu lebih sukses bikin lumpia ato martabak mini. Makin nganggur lah tu stok rice paper. tak disangka  ada temen FB posting tentang Vietnamnese salad / vietnamnese springroll yang dibungkus pake rice paper, dari situ jadi tahu deh fungsi sebenarnya ( tengok empunya dapur denok aliasneng  Istiwin :)  ) . walah walah…..ternyata emang ga dimasak lagi cara makannya. jadi setelah direndam dan jadi lentur langsung dipake untuk membungkus sayuran segar. Cara merendam pun cukup dicelup air matang lalu dikeringkan pake lap. Tak perlu rendam terlalu lama. Isi sebenarnya tergantung selera ya mau dimasak ato yang fresh. Hasil sharing dengan teman, paling pas isinya pake :
1. udang rebus, seperti udang buat sushi
2. kyuuri, mentimun jepang
3. lettuce ato selada
4. wortel rebus
5. mayonais
6. optional ( dll) sesuai selera hehehe

hmmm jadi seperti salad ya memang. Trus hasil ngobrol juga dengan teman yang sempet diajarin orang Vietnam tentang pemakain Rice paper ini, bisa juga juga lho digoreng untuk lebih menyesuaikan dengan selera lidah Indonesian yang suka gorengan :p tapi tips dan teknik penggorengan kurang tau, maaph yeee. coba experimen aja.

Nah berikut yang pernah saya coba, dengan isian : tumis sayur, kyuuri ( mentimun) dan nori.

1. ambil rice paper per lembar
2. basahi satu persatu dan setelah lentur langsung lbentangkan diatas  bidang datar untuk diisi
3. tata isian di atasnya
4. gulung , sajikan dan nikmati segera yaa

IMG_0505
nb: kalo uda agak lama rice paper jadi kenyal alias rada ulet kalo digigit..emang gitu pa ya?? masih penasaran niy😀