erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start


Tinggalkan komentar

Serba Serbi Rumdin – piaraan-

Lanjutan posting sebelumnya tentang memanfaatkan rumah dinas yang Alhamdulillah  ada lahan kosongnya. Selain bebas bertanam juga bisa dimanfaatkan untuk menambah hewan piaraan..kepikiran kambing , burung ato  kelinci kayaknya ribet merawatnya. Jadilah uji coba pertama beli ayam. Cukup dibiarkan aja bebas berkeliaran di pekarangan asal tetap diberi makan. Pertama kali beli ayam ‘remaja’ 4 ekor tapi yang bertahan hingga 3 hari kedepan tinggal 2 ekor.  Mungkin karena belum punya kandang (nekat beli) mereka jadi bingung tidur dimana , yang akhirnya kehujanan dan kedinginan . Kalo malam asal nemplok aja di blower AC, di jemuran , di atas pompa air dimana aja asal nangkring. Kebetulan ada ibu datang waktu itu, ngajari ngramut ayam hehehe…dibuatin tempat nangkring di bawah tiang Torn air & dipayungi bekas kerai bambu ditutup lagi dengan seng bekas. Habis tu ngajari ayam biar ngandang kesana. Selama 3 – 4 malam mindahin ayam yang tidur sembarangan, baru deh terbiasa uda tau kalo malam harus tidur dimana. Untungnya 2 ekor yang terisa tadi jantan & betina, bisa jadi pasangan sejoli yang normal, terhindar deh dari LGBT  😀

FB_IMG_1494173061607

Tahun 2017 disebut sebagai Tahun ayam, jadi kami beli ayam deh… (kagak nyambung yah :)) )

Uda agak gedean dikit, pingin beli ayam lagi biar rame. Belilah 2 ekor yang remaja lagi. Eeeh 2 ayam penghuni terdahulu merasa tersaingi, akhir nya 2 ayam yang baru diuber, dipatuk & dibully melulu, hingga tewas satu persatu. Tinggallah 2 pasangan tadi yang berkuasa. Kata suami, ya sudah biarin aja tu ayam sapa tau tar bertelur & anaknya banyak. Alhamdulillah 3 bulan setelah beli ayam betina mulai bertelur…satu satunya ilmu yang saya tau adalah ‘kalo ayam bertelur itu pasti ribut’ (itupun tau dari nonton pilem Upin Ipin hehehe) . Nah saat tau ayam ini kok tumben ribut , penasaran deh apa mungkin bertelur yaa..cari- cari dimana eh ada 1 telur teronggok di lantai/plester deket pompa air. mungkin ayamnya jug masih amatir jadi nelor sembarangan sampe retak. besoknya parah lagi, telornya uda ditemukan pecah karena jatuh dari tempat nangkring. Akhirnya di dekat pompa tadi aku taruhin kardus plus daun-daun kering, pelepah & daun pisang kering biar si ayam nyaman bertelur. Besoknya telur uda nambah, berarti si ayam uda pinter nih. Tinggal pemiliknya aja yang gatel pingin ambil telurnya buat di ceplok di wajan  :)) . Untung  si ayam ga ngambeg & mau bertelur lagi.

Merawat ayam bertelur ini juga amatir jadi perlu konsultasi dulu ke ibu yang uda pulang kampung 🙂  . Misalnya ni ayam kenapa ga mau mengerami telurnya yaa (ini yang bikin gatel pingin masak telur ayam kampung) ya tentu aja tu ayam pingin ngumpulin dulu biar banyak baru dierami. Kirain si ayam ga peduli ama calon anaknya, sampe diserahin ke orang tua asuh alias kucing untuk mengerami telurnya : o

erleena's

kaget juga ini kucing ngapain disitu, kirain mau makan telurnya. mungkin lagi cari anget-angetan sambil jagain telur temennya.

Setelah terkumpul 10 butir (selain yang uda di ceplok) barulah ayam betina mengerami. Nah tau ilmunya juga kalo telur dierami selama kurang lebih 21 hari. Tapi setelah setia menanti hingga 25 hari ternyata tak satupun menetas, masa bertelur yang perdana ini gagal sodaraa. Akhirnya dengan berat hati semua telur dibuang biar induknya kembali ke aktivitas normal dengan pasangannya. Mungkin pengaruh musim hujan juga jadi tempatnya lembab.

Dua bulan kemudian si induk ayam ternyata uda bertelur lagi, parahnya ni pemiliknya kagak tau. Awalnya curiga aja kenapa tu ayam jago sendirian aja lha wong biasanya kemana-mana berdua. Cari-cari ternyata si induk ayam uda mengerami aja tu 9 butir telunya di bawah pohon pisang. Yaa alamat kagak jadi lah kehujanan muluu… padahal uda dibuatin kandang juga sama bapak mertua waktu datang, tapi dasar ayamnya ga mau rumah baru. Lagi asyik mengerami dipindahin ke kandang biar nyaman malah ngambeg ga mau mengerami lagi. Ya sudah wassalam deh smua telurnya. mau dimasak ternyata uda ga fresh jadi dibuang deh., beberapa butir dikembalikan ke tempat semula dibawah pohon pisang buat mancing biar mau bertelur lagi.

erleena's

ahaa..ketahuan yaa nyempil disitu

 

Alhamdulillah selang 2 minggu induk ayam mulai bertelur lagi..kali ini dicuekin aja mau bertelur dimana (sak karepmu) cuma bisa bantu biar ga kehujanan gimana. Dibuatin aja kardus lagi plus dipayungin.

erleena's

pake apa aja yang ada biar tetep nyaman versi ayam. Daun pisang pun buat payung. Kardus dtaruh diatas pot bekas biar ga langsung nyentuh tanah.

Karena dibiarin aja tu ayam sampe ga ngitung juga uda mengerami berapa lama. Pagi-pagi yang cerah terdengar ciap-ciap seperti suara anak ayam. Pas ditengok yeeeyyy alhamdulillah ada 9 ekor anak ayam uda menetas..sisa 1 ekor aja yang gagal.  lucu- lucu nyaa meski item semua kayak induknya.

20170505_074404

uda beberapa hari kayaknya baru ketahuan menetas

 

Mulai deh excited plus gatel lagi pingin mindahin tu anak ayam ke kandang biar lebih aman & ga kehujanan.  Ternyata ga mau juga…uda turun temurun kali diajarin emaknya jangan sampai menginjak tu kandang. Akhirnya setelah beberapa hari kejar -kejaran ketemu juga tempat yang diminati oleh induk ayam & anak-anaknya. Mojok dekat pompa air seperti dahulu kala. Ya udah deh dibuatin aja payung biar ga ketampiasan air ujan. Nemu atap kanopi bekas ,pake ajalah yang penting loe nyaman disitu ya yaam. Semoga sehat selalu sampe gede biar bisa panen ayam kampung buat kebutuhan sehari-hari 😀

20170505_123338

Iklan


Tinggalkan komentar

Serba serbi Rumdin -berTanam-

Alhamdulillah pindah ke rumah dinas keuangan dapatnya rumah dengan lahan kosong yang luas. Bangunan rumah sih standard dengan 2 kamar tanpa ada tambahan bangunan lain jadi sisa lahan cukup luas. Apalagi posisinya di hook. Blok paling blakang di pojokan lagi….Kalo tanya ukuran pastinya perlu data lebih lanjut nih. Pokok nya luas aja dibanding kontrakan yang dulu hehehe.  Untuk Rumdin sebenarnya ukuran sama, sekitar 150m  persegi lah hanya saja ada yang full bangunan (kamar nya lebih banyak) ada juga yang masih menyisakan lahan. Tergantung penghuninya mau direhab seperti apa.  Meskipun bukan rumah pribadi alias rumah negara. Tergantung negosiasi dengan sang pembuat kebijakan 😅

 

Lanjut yang saya tempati aja deh. ..mendapat lahan yang luas obsesi meng-eksploitasi pun  muncul, terbayang bertanam dan beternak disini 😄. Alhamdulillah sudah ada pohon pisangnya, 2 pohon mangga ( yang akhirnya ditebang karena sudah tua dan ‘syerem’)  , dan pepohonan lain yang masih kecil. Pohon melati juga ada lho, wah senangnya bisa metikin bunganya yang haruum.

FB_IMG_1494173061607

Pohon pisang dan ayam. Cerita terpisah untuk ayam nya yaa

Pertama kali coba bertanam ..mulai gali gali tanah untuk menebar  segala benih yang uda dibeli (bayam merah, cabe hijau dll ) eehhh lha dalah tanahnya keras buanget karena banyak timbunan material bangunan.  Jadi harus cari lokasi yanga tanahnya agak mudah digali. Baru amatiran sudah mendapat tantangan. Beberapa benih yang disemai dan  bertahan,  coba dipindahin ke tanah jadinya lebih cepet gede, bersyukur deh brarti ada harapan kalo nanam sesuatu. Beli daun katuk & kangkung di tukang sayur juga ambil sebagian buat iseng iseng ditanam. Jahe, kunyit, kencur, kunci juga ditimbun aja. Alhamdulillah numbuh meski kayak kurang gizi karena tanahnya banyak batunya (yang belum berhasil nanam lengkuas nih, mati mlulu) . Sempet dibawain mertua batang katuk, benih timun dan kacang panjang tapi malah merambat dan berbaur dengan rumput rambat, dijadiin sarang semut juga.  Batang daun katuk aja yang bertahan. Beberapa tanaman ada yang minta bibit ke tetangga untuk nambah koleksi .seperti sirih, pandan, serai  daun ubi dan pohon salam, . Pokoknya di kebun belakang mah asal nanam aja deh. Tumbuhnya sih pasrah  sambil banyakin doa biar subur dan bisa dimanfaatkan hehehe. Tanaman liar juga kadang muncul barengan sama rumput seperti keladi tikus dan bayam hijau. Ga tau dari mana sumbernya nih, tiba tiba uda banyak aja. Kalo pas rumput dibabatin ya ikut abis tapi tar muncul lagi.

20170505_065824

Memanfaatkan pot untuk menumbuhkan gingseng Jawa, blimbing sayur & bawang daunting sebelum dipindah ke tanah  (Kalo ga keduluan dimasak😆 )

Beralih ke halaman depan yang sudah full ditutup semen. Untuk peneduhnya sengaja membiarkan pohon kersen/ceri / talok yang tumbuh di sela tembok. Sedangkan sisi lain diisi tanaman di pot yang  dibawa dari kontrakan Utan Kayu, maksudnya buat ijo-ijoan di tempat baru..ehh malah disini sumbernya tanaman ijo qeqeqeqe..Pohon kersen tadi tumbuhnya cepet jadi seneng karena teduh dan bocah-bocah bisa ambilin buahnya. Tapi dampaknya lantai semennya jadi rusak dan bulai pecah-pecah. Akhirnya minta ditebang aja. Pak suami yang kalang kabut karena jadi panas di depan rumah. solusinya pake tanaman yang di pot aja,  sekalian pingin tanamna hias yang lain biar  bisa nutupin lumut-lumut di tembok🙈

20170505_065246

Berbuah untuk kedua kalinya setelah dikasih pupuk

Urusan depan rumah malah suami yang antusias. Belilah ia pohon sawo dengan pot segede bak kamar mandi, alhasil butuh tanah banyak juga buat isi potnya..beli jeruk lemon yang sudah berbuah dan 5 pot tanaman hias gantung berdaun merah yang ga tau namanya dengan bonusnya 1 pot tanaman wijaya kusuma.

20161017_055047.jpg

Wijayakusuma , Berbunganya hanya tahan semalam

Tanaman hias daun merah tadi baru tau namanya sesudah browsing ternyata itu adalah Tradescantia pallida (purple heart) / purpurea.

20170505_065543

Purple heart digantung sekenanya. Yang did pot pohon kelengkèng yang numbuh dari biji. Dibawa dari kontrakan sengaja ga dipindah ke tanah biar tinggal angkut kalo pindahan lagi.

Tanaman ini cepet juga numbuhnya, begitu gantung kepanjangan lalu kesenggol, patah deh. Berhubung gantungnya ga di atap tapi di tembok ya gitu deh resikonya. Tapi di tancepin lagi bisa numbuh. Lama kelamaan yang patah di buang aja ke tanah bekas lantai plester yang pecah…eeh malah numbuh subur lho gede-gede kliatan seger, bagus deh. Sedangkan yang gantung di pot malah kecil-kecil kurang gizi karena tanahnya belom diganti yang baru.

20170505_065421

Pot pohon sawo juga dilemparin si ungu😄 gemes tanahnya kurang penuh

Mendapat kesempatan menikmati hasil kebun sendiri sungguh karunia luar biasa, jadi berasa di kampung padahal tinggalnya secara admistratif masih di kota. Karena statusnya adalah rumah dinas a.k.a rumah negara bisa jadi sewaktu-waktu kita pindah dan belum tentu mendapati lagi lahan luas seperti ini. Yaa dimanapun berada harus bersyukur dan berbagi karena dengan itulah  insya Allah akan bertambah nikmat Allah untuk kita.

20170603_082643


2 Komentar

Perpanjangan SIM C

Tak terasa 5 Tahun berlalu dan masa berlaku SIM C saya uda mau habis. Sebelumnya saat masih SIM Jombang slalu minta tolong ayah untuk bantu urus. Nah berhubung uda pindah Ciledug dan mumpung belum lewat waktu mulai deh cari info urus perpanjangan SIM gimana. Meski uda pindah KTP urus perpanjangan SIM bisa dimana aja. Coba coba tanya dimana SAMSAT terdekat ada yang bilang di mall CBD Ciledug. Meluncur kesana pagi pagi ternyata kata pak security buka jam 2 siang. Besoknya disempetin mampir pas sore skalian beli bensin  &antar ngaji. Niatnya cari info doang karena uda jam 5 sore ya waktunya untuk pasrah 😀. Setelah tanya pak security lagi ketemulah gerainya di Basement, tepat dibawah BMK  (Bakso Malang Karapitan). Alhamdulillah masih buka dan tanya petugasnya ternyata perpanjang SIM ga bisa disitu, bisanya urus STNK Aja. Balik ditanya kapan habis berlakunya, saya jawab 2 hari lagi pak.  Langsung deh diburu buruin harus segera urus karena lewat 1 hari uda rumit prosesnya. Wah harus kemana dong. ..sama pak petugas ‘dirujuk’ ke gerai Samsat mall Taman Pinang Cengkareng 😲. Daripada harus ke Pusat yang di Daan Mogot rame. Sebenarnya bisa urus di Samsat keliling tiap selasa & Kamis di Buana Garden Cipondoh. Berhubung mepet ya dianjurkan ke Taman Pinang tadi.

20170428_092730

Pagi harinya, tekad sudah bulat harus segera urus hari ini juga. Semalam uda dicicil sebagian persiapan mulai Foto copi dokumen, beberes lanjut paginya ijin sekolah anak karena harus diajakin semua , tak lupa nyiapin bekel juga 😊. Rencana jam 7 ingin berangkat jadi molor jam 8. Biasaa emak rempong nyiapin bocah & nunggu orderan taksi online harus  sabar. Alhamdulillah sampe di Gerai  Samsat jam 9 , antrian ga  berjubel seperti yang dibayangkan. Ketemu lokasinya setelah tanya tanya pak Security. Deket lobby selatan mall & tepat depan pintu masuk Matahari. Depan gerai ada 2 mesin Foto copy dan 2 meja petugas formulir. Satu untuk perpanjangan SIM dan satu lagi kayaknya untuk pajak Kendaraan. Jadi prosesnya mulai dari sini ya…

1. Minta formulir perpanjangan SIM ke petugas sambil siapkan SIM ASLI dan Foto copy KTP 2 lembar. Form tadi diisikan petugasnya & tinggal tanda tangan. Mungkin karena ga rame ya.  Disini bayar Rp. 5000

2. Langsung masuk dan serahkan dokumen (formulir+sim+fc  ktp) ke loket perpanjangan SIM lalu tunggu panggilan.  Alhamdulillah loket ga antri panjang seperti loket sebelah yang urus pajak dll 😥

3. Setelah dipanggil langsung duduk meja pertama yaitu meja  asuransi untuk terima kartu Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) setelah membayar Rp. 30000

4. Lanjut meja sebelahnya untuk tes mata dan tes buta warna. Pertama tutup mata kiri & kanan gantian untuk baca angka di belakang petugas. Lalu baca angka dari beberapa buletan warna warni . Rada was was karena mata sering siwer heh heh. Alhamdulillah lulus dan bayar Rp. 25000

5. Tunggu giliran ke meja terakhir yang di ruang foto.  Duduk Manis untuk foto, print sidik ibu jari kanan & tanda tangan. Sambil tunggu SIM dicetak, bayar Rp.  75000

SIM langsung jadi dan bisa dibawa pulang. Jadi total biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp. 135.000

Alhamdulillah beres, jadi untuk pelajaran supaya lebih mudah:

■ persiapan foto copy ktp & SIM asli

■ datang awal lebih baik

■ uang untuk bayar di tiap meja

■ segera urus perpanjangan sebelum jatuh tempo. Kalo sudah Tahunnya mau habis harus aware

■ Bisa di Samsat keliling terdekat. Tapi harus pastikan jadwal waktu & lokasinya.  (Silakan browsing)

■ lebih aman gerai Samsat yang di Mall karena ga keliling pindah – pindah. Malah kitanya yang bisa sekalian keliling Mall 😆😆. Yang penting siapkan biaya tambahan untuk parkir & jajan😅

20170428_092747

 

 

 

 

 

 


2 Komentar

Menginjak Daratan Ciledug- Tangerang :)

Satu tahun tiga bulan kami tinggal di daerah ibu kota dan merasakan jadi warga DKI Jakarta Timur dengan berbagai pernak pernik yang ada di perkampungan padat akhirnya harus jadi kenangan. Meninggalkan tetangga dekat, meninggalkan sekolah TK Dakwah Islam meski belum lulus dan teman-teman yang dikenal selama di Utan Kayu Utara untuk pindah ke tempat baru.  Pada 2 Juni 2015 kami pindah ke daerah ciledug, tepatnya di Komplek Keuangan Karang Tengah Tangerang. Alhamdulillah harapan untuk mendapat rumah dinas dari kantor suami dapat terkabul. Setelah kurang lebih setahun juga menunggu dapat ‘jatah’ rumdin. Tentu sangat membantu para pegawai dibandingkan harus ngontrak rumah dengan harga selangit tiap tahunnya.

Kesan pertama  adalah jarak tempuh ke kantor suami jadi tambah jauh, kedua saat melihat kondisi jalan raya nya dengan kendaraan yang wow padatnya langsung terlintas ‘tiap hari aku harus melintasi jalanan seperti ini ….menegangkan deh ‘ (lintasan pikiran ibu-ibu jarang keluar rumah hehehhe) .  Begitu tiba di lokasi komplek kesannya lain lagi…jalanan kompleknya  luas dan tak terlalu ramai, apalagi dapat rumah dan halamannya lebih luas . Jauuh dibandingkan ngontrak dulu. Insya Allah lah disini bisa lebih baik kehidupannya, jieeeh. Sebelum pindah kesini uda cari kenalan dari ibu-ibu istri pegawai. Ternyata banyak juga yang pindahan dari Utan kayu. So…we start new Life here ya dear…tinggal di komplek dengan permasalahan yang komplek. Hehehhehe

Sebenarnya tinggal di Tangerang bukan pertama kali. Saya dan Suami sebelum menikah, masing-masing juga tinggal di Tangerang Selatan tepatnya daerah Jurang Mangu – Pondok Aren (Ketahuan jadinya jodoh ketemunya dimana  :)) . TApi dasar saya yang kurang gaul jadi ga pernah main jauh ke daerah Tangerang lainnya termasuk ke Karang Tengah ini. Palingan ikutin jalur angkot aja dari Pasar Mayestik ke Pondok Aren ato metromini Blok M-Ciledug. Selain itu banyak perubahan setelah 4 tahun meninggalkan Tangerang Selatan. Jadi kembali ke daerah Tangerang lagi ya serasa asing, apalagi beda wilayah dimana saat ini tinggal di wilayah Tangerang kota.

Lanjut cerita, tinggal di Karang tengah seketika itu langsung membiasakan diri, adaptasi ini itu. Termasuk yang urgent adalah mencari sekolah buat Fahmi dan kendaraan untuk mondar mandir. Berhubung baru punya motor 1, jadi suami harus rela nebeng tetangga untuk kerja.  Ada bus antar jemput pegawai tapi waktunya tidak pas dengan jam kerja suami. Masalah Urgent yang dimaksud tadi, membuat lintasan pikiran saat pertama kali datang menjadi kenyataan, yaitu mondar mandir di tengah arus lalu lintas yang padat dan jalanan yang masih asing. Biasa waktu di Jakarta Timur kemana mana jalan kaki atau naik Bajaj, disini harus menempuh jarak agak jauh untuk sekolah ato ke pasar daaan tidak ada bajaj yaa.  Luar Biasa banyak hal baru yang dipelajari disini. Tinggal di rumah dinas dengan para tetangga dari bidang pekerjaan yang sama membuat kita merasa senasib sepenanggungan hehehhe. Jarak tempuh yang jauh dari rumah dinas ke kantor tentu menyita waktu para pegawai (Mayoritas bapak-bapak) dan menyatukan para istri pegawai sebagai penjaga rumah dan anak. :)). Disinilah para ibu jadi banyak belajar dan berbagi dengan kelihaian  masing-masing. Heheheh ada banyak yang seru pokoknya deh. Cerita lain tunggu wangsit yaa untuk nulisnya ..:)) ALhamdulillah.


Tinggalkan komentar

Memilih sekolah

Sebenarnya pingin nulis cerita saat Fahmi mulai masuk sekolah TK . Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentunya. Sampai ada yang bikin dilema pula apakah benar yang kita putuskan ini..?

sebelum kesampaian mau share dulu tips yang didapat dari grup ortu TK yang sekarang (TK Dakwah Islam) . Biasalah kalo mo nulis printilannya bikin rempong.

CARA SEDERHANA MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK UNTUK ANAK KITA.

1. Perhatikan baik2 mulai kita datang dan bertanya informasi apakah disambut dengan baik, ramah, di jelaskan dengan sabar; atau malah sebaliknya tidak ada yang menyapa, tidak ramah, tidak paham info dan di pimpong kesana kemari.

Itu artinya secara sistem dan kesiapan sekolah dan sumber dayanya masih berantakan dan tidak terkordinasi dengan baik; itu akan sangat berdampak pada anak saat proses belajar mengajar berlangsung. Jika gurunya tidak ramah pada kita saat itu Bisa dipastikan banyak guru yang tidak ramah, tidak sabar pada saat mengajar anak kita disekolah.

2. Pada saat kita bertanya tentang sekolah, apakah sekolah meminta komitment pada orang tua, jika perlu dalam bentuk resmi di tanda tangani untuk mengajak orang tua bekerjasama dalam menyelesaikan masalah anak secara tuntas hingga ke rumah, atau lebih banyak membahas syarat2 administrasi pendaftaran dan biaya2 yang harus di bayarkan ?

Itu artinya sekolahnya lebih fokus pada administratif dan keungan daripada ke anak didiknya dan proses pendidikannya. Sekolah semacam ini biasanya terlihat mentereng dan keren tapi muridnya banyak mengalami masalah dan tertekan.

3. Apakah banyak tukang jualan makanan yang tidak jelas di depan sekolah? atau memiliki kantin sendiri atau anak malah di anjurkan membawa bekal dari rumah.

Jika sekolah membiarkan banyak tukang jualan maknan dan anak dibolehkan membelinya berarti sekolah tersebut tidak peduli pada kesehatan anak kita terutama pada makanan yang berpotensi mengandung racun atau bahkan narkoba (zaman sekarang banyak gula2 yang disisipi narkoba – seperti berita2 investigasi di tv).

4. Pergilah ke kantin sekolah tersebut saat anak2 istirahat dan makan disana; perhatikan apa obrolan mereka, apakah mereka menggunakan kata yang halus dan sopan atau sebaliknya; dan bagaimana mereka bergaul disana apakah lebih banyak memuji atau mengejek atau malah “nge gank” dan tidak membaur saat makan

jika anak membicarakan hal-hal negatif dan melakukan hal-hal negatif itu artinya prilaku itulah yang nanti akan ditularkan pada anak kita dan dibawa pulang kerumah. Artinya sekolah kurang peduli pada perkembangan akhlak anak.

5. Pergilah ke Toiletnya setelah lihat kelasnya ; apa bila toiletnya kotor dan bau; jelas bahwa sekolah tersebut tidak peduli pada kebersihan. Karena Toilet adalah ukuran kebersihan sekaligus barometer kepedulian dari pihak pengelola terhadap institusi yang dipimpinnya.

Tentu masih  ada lagi yang lain sesuai kriteria kita. Semoga Allah memberi petunjuk terbaik untuk pendidikan anak anak kita


Tinggalkan komentar

Menghafal nama surat dalam Al Qur’an

Alhamdulillah hampir setahun bergabung dalam grup ODOJ ( one day one juz) banyak suka duka dalam mempertahankan untuk kholas tiap hari. Agar keseharian tak lepas interaksi kita dengan Al Qur’an. Selain grup ODOJ booming juga grup grup lain di sosmed baik FB, WA maupun BBM sampe bingung kebanyakan grup. Banyak hal positif yang bisa didapatkan dari saling berbagi (mau jual beli, update berita, tips dsb) saking mudahnya sharing, informasi jadi overlapping. Jadi cepet Lupa hehehe.  Jadi harus disave sendiri buat jaga jaga barangkali suatu saat membutuhkan informasi yang ada di grup. ONE DAY ONE JUZ 340 20141228_133542

Nah salah satunya tips berikut juga didapat dari grup di WA. Belum berhasil melaksanakanya sii jadi coba dituangkan dulu disini. Sewaktu waktu bisa dilihat & (semoga) ga lupa simpan catatan nya dimana. Tinggal lari aja kesini. Hmm …lupa sumber nya dari mana :D.

SALAH SATU CARA MUDAH MENGHAPAL NAMA2 SURAH DALAM AQUR’AN

Al Qur’an adalah Kitab Suci agama Islam yang wajib di baca dan    dipelajari oleh setiap umat Muslim.Namun faktanya , sangat jarang umat muslim yang bisa menghapal seluruh isi Al Qur’an ( Tahfidz ). Jangankan hapal isinya , urutan nama-nama surah yang ada dalam Al Qur’an saja tidak banyak yang hapal. Nah untuk lebih meningkatkan motivasi kita semua agar nantinya mampu menghapal seluruh isi Al Qur’an , maka saya coba memulainya dengan memberikan satu cara yang menyenangkan untuk menghapal nama-nama surah dalam Al Qur’an. Salah satu metode menghapal yang cukup efektif adalah dengan membuat cerita dari urutan surah sehingga kita mudah mengingatnya.

Cobalah baca Cerita-cerita di bawah ini, dan perhatikan kata-kata yang berhuruf besar. Kata- kata tersebut adalah nama-nama surat dalam Al Qur’an. Hafalkan ceritanya, dan kemudian tuliskan kata-kata tersebut secara berurut.Maka akan kita dapatkan nama surat dan nomor urutnya. Silahkan mencoba :

Cerita I ; (Surah 1 – 10)

Paman membaca AL FATIHAH sebelum memasak SAPI BETINA milik KELUARGA IMRAN yang punya anak wanita bernama AN NISA. Sebagian HIDANGAN itu diberikan untuk BINATANG TERNAK. Kemudian paman menuju TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI, untuk mencuri HARTA RAMPASAN PERANG. Namun akhirnya paman ber-TAUBAT seperti taubatnya Nabi YUNUS.

NO.KRONOLOGI CERITA

1.AL-FATIHAH

2.SAPI BETINA – AL-BAQOROH

3.KELUARGA IMRAN – ALI IMRON

4.AN NISA

5.HIDANGAN – AL MAIDAH

6.BINATANG TERNAK – AL AN ‘AM

7.TEMPAT-TEMPAT YANG TINGGI – AL A’ ROF

8.HARTA RAMPASAN PERANG – AL ANFAL

9.TAUBAT – AT TAUBAH

10.YUNUS

Cerita II; (Surah 11 – 20)

HUD dan YUSUF melihat PETIR.Sementara itu IBRAHIM sedang berada di PEGUNUNGAN HIJR. Ia mencari LEBAH, untuk kemudian memulai PERJALANAN MALAM menuju ke GUA untuk menemui MARYAM dan TOHA.

NO.KRONOLOGI CERITA

11.HUD

12.YUSUF

13.PETIR – AR RA’D

14.IBRAHIM

15.PEGUNUNGAN HIJR – AL HIJR

16.LEBAH – AN NAHL

17.PERJALANAN MALAM – AL ISRO

18.GUA – AL KAHFI

19.MARYAM

20.TOHA

Cerita III ; (Surah 21 – 30)

PARA NABI pergi HAJI diikuti oleh ORANG-ORANG BERIMAN. Mereka seperti CAHAYA. Inilah yang menjadi PEMBEDA ANTARA YANG BENAR DAN BATHIL. Sementara itu, PARA PENYAIR bercerita tentang SEMUT.

Cerita itu terangkum dalam buku KISAH –KISAH. Dalam buku itu juga diceritakan tentang LABA-LABA yang menyerang BANGSA ROMAWI.

NO.KRONOLOGI CERITA

21.PARA NABI – AL ANBIYA

22.HAJI – AL HAJJ

23.ORANG – ORANG BERIMAN-AL

MU’MINUN

24.CAHAYA – AN NUR

25.PEMBEDA ANTARA YANG BENAR

DAN BATHIL – AL FURQON

26.PARA PENYAIR – ASY SYU ‘ARO

27.SEMUT-AN NAML

28.KISAH2 – AL QOSHOSH

29.LABA-LABA – AL ‘ANKABUT

30.BANGSA ROMAWI – AR RUM

Cerita IV ; (Surah 31 – 40)

LUKMAN tidak berSUJUD di kaum yang terkena AHZAB dan tidak juga kepada kaum SABA’. Sementara itu FATHIR dan YASIN berdiri bersama orang YANG BERSHAF-SHAF dan membentuk huruf SHOD. Mereka teramasuk ROMBONGAN – ROMBONGAN yang memohon ampunan kepada YANG MAHA PENGAMPUN.

NO.KRONOLOGI CERITA

31.LUKMAN – LUQMAN

32.SUJUD – AS SAJDAH

33.AL AHZAB

34.SABA’

35.FATHIR

36.YASIN

37.YANG BERSHAF2– ASH

SHOOFFAT

38 SHOD

39.ROMBONGAN-ROMBONGAN – AZ

ZUMAR

40.YANG MAHA PENGAMPUN –

GHOFIR

Cerita V; (Surah 41 – 50)

YANG DIJELASKAN dalam MUSYAWARAH itu adalah tentang

PERHIASAN. Bukan tentang KABUT. Sementara itu banyak orang YANG BERLUTUT di BUKIT-BUKIT PASIR. Saat itulah MUHAMMAD mendapat KEMENANGAN. Hal ini ditandai dengan KAMAR-KAMAR bertuliskan huruf QOF.

NO.KRONOLOGI CERITA

41.YANG DIJELASKAN – FUSHSHILAT

42.MUSYAWARAH – ASY SYURA

43.PERHIASAN – AZ ZUKHRUF

44.KABUT – AD DUKHAN

45.YANG BERLUTUT – AL JATSIYAH

46.BUKIT2 PASIR – AL AHQOF

47.MUHAMMAD – MUHAMMAD

48.KEMENANGAN – AL FATH

49.KAMAR2– AL HUJURAT

50.QOF

Cerita VI ; (Surah 51 – 60)

ANGIN YANG MENERBANGKAN

membawa awan ke bukit THURSINA.Ini terjadi saat BINTANG dan BULAN bersinar. Sementara itu pak RAHMAN sedang berceramah tentang HARI KIAMAT. Dimana BESI hancur, WANITA YANG MENGAJUKAN GUGATAN mengalami PENGUSIRAN, dan banyak PEREMPUAN YANG DIUJI.

NO.KRONOLOGI CERITA

51.ANGIN YANG MENERBANGKAN –

ADZ DZARIYAT

52.THURSINA – ATH THUR

53.BINTANG – AN NAJM

54.BULAN – AL QOMAR

55.AR RAHMAN

56.HARI KIAMAT – AL WAQI ‘AH

57.BESI – AL HADID

58.WANITA YANG MENGAJUKAN

GUGATAN – AL MUJADILAH

59 PENGUSIRAN – AL HASYR

60.PEREMPUAN YANG DIUJI – AL

MUMTAHANAH

Cerita VII ; (Surah 61 – 70)

BARISAN orang beriman pada HARI JUM’AT berbeda dengan ORANG – ORANG MUNAFIK. Demikian juga pada HARI DITAMPAKAN KESALAHAN -KESALAHAN. Ketika aku di-TALAK, aku MENGHARAMKAN dia untuk masuk rumah ini. KERAJAAN yang indah, PENA yang mahal, pada HARI KIAMAT tidak lagi berharga. Disinilah

TEMPAT-TEMPAT NAIK bagi amal sholih.

NO.KRONOLOGI CERITA

61.BARISAN – ASH SHOF

62.HARI JUM’AT – AL JUMU’AH

63.ORANG-ORANG MUNAFIK – AL

MUNAFIQUN

64.HARI DITAMPAKAN KESALAHAN-

KESALAHAN – AL TAGHOBUN

65.TALAK – ATH THOLAQ

66.MENGHARAMKAN – AT TAHRIM

67.KERAJAAN – AL MULK

68.PENA – AL QOLAM

69.HARI KIAMAT – AL HAAQQAH

70.TEMPAT2 NAIK – AL MA

‘ARIJ

Cerita VIII ; (Surah 71 – 80)

NUH diganggu JIN disaat ORANG YANG BERSELIMUT dan ORANG YANG BERKEMUL tertidur pulas. Ia tidak menyadari datangnya KIAMAT. Sementara itu, ketika MANUSIA bertemu dengan MALAIKAT YANG

DIUTUS untuk menyampaikan BERITA

BESAR tentang kematian, MALAIKAT-

MALAIKAT YANG MENCABUT nyawa

sedang melihat IA BERMUKA MASAM.

NO.KRONOLOGI CERITA

71.NUH – NUH

72.JIN – AL JINN

73.ORANG YANG BERSELIMUT – AL

MUZAMMIL

74.ORANG YANG BERKEMUL – AL

MUDATSTSIR

75.KIAMAT – AL QIYAMAH

76.MANUSIA – AL INSAN

77.MALAIKAT YANG DIUTUS – AL

MURSALAT

78.BERITA BESAR – AN NABA’

79.MALAIKAT2 YANG

MENCABUT – AN NAZI ‘AT

80.IA BERMUKA MASAM – ‘ABASA

Cerita IX ; (Surah 81 – 90)

Ombak MENGGULUNG, bumi TERBELAH, ORANG-ORANG YANG

CURANG pun ikut TERBELAH. Mereka

seperti GUGUSAN BINTANG YANG DATANG DI MALAM HARI. Mereka berada di tempat YANG PALING TINGGI. Pada HARI PEMBALASAN tidak akan muncul FAJAR di NEGERI manapun.

NO.KRONOLOGI CERITA

81.MENGGULUNG – AT TAKWIR

82.TERBELAH – AL INFITHOR

83.ORANG-ORANG YANG CURANG –

AL MUTHOFFIFIN

84.TERBELAH – AL INSYIQOQ

85.GUGUSAN BINTANG – AL BURUJ

86.YANG DATANG DI MALAM HARI – ATH THORIQ

87.YANG PALING TINGGI – AL A ‘LA

88.HARI PEMBALASAN – AL GHOSYIYAH

89.FAJAR – AL FAJR

90.NEGERI – AL BALAD

Cerita X; (Surah 91 – 100)

MATAHARI tenggelam saat MALAM tiba. Dan ketika WAKTU DHUHA, Allah MELAPANGKAN rizki dan menumbuhkan BUAH TIN. Sementara itu manusia yang berasal dari SEGUMPAL DARAH tidak mempunyai KEMULIAAN sedikit pun. Ini adalah BUKTI akan terjadi KEGONCANGAN di dunia. Hingga KUDA PERANG YANG BERLARI KENCANG pun mati.

NO.KRONOLOGI CERITA

91.MATAHARI – ASY SYAMS

92.MALAM – AL LAIL

93.WAKTU DHUHA – ADH DHUHA

94.MELAPANGKAN – AL INSYIROH

95.BUAH TIN – AT TIN

96.SEGUMPAL DARAH – AL ‘ALAQ

97.KEMULIAAN – AL QODR

98.BUKTI – AL BAYYINAH

99.KEGONCANGAN – AZ ZALZALAH

100.KUDA PERANG YANG BERLARI

KENCANG – AL`ADIYAT

Cerita XI ; (Surah 101 – 110)

HARI KIAMAT, hari dimana manusia

tidak bisa lagi BERMEGAH-MEGAHAN.

Pada MASA itulah si PENGUMPAT mati diinjak-injak GAJAH. Sementara itu SUKU QURAISY bertengkar dengan

pak MA’UN di tepi telaga KAUTSAR. Saat itu ORANG-ORANG KAFIR tidak mendapatkan PERTOLONGAN.

NO.KRONOLOGI CERITA

101.HARI KIAMAT– AL QORI ‘AH

102.BERMEGAH-MEGAHAN – AT

TAKATSUR

103.MASA – AL ‘ASHR

104.PENGUMPAT – AL HUMAZAH

105.GAJAH – AL FI-L

106.SUKU QURAISY – QURAISY

107.MA’UN – AL MA ‘UN

108.KAUTSAR – AL KAUTSAR

109.ORANG-ORANG KAFIR – AL KAFIRUN

110.PERTOLONGAN – AN NASHR

Cerita XII (Surah 111-114)

Insya Allah 4 surat terakhir ini semua

dari kita sudah menghafalnya.

NO.SURAT

111.AL LAHAB

112.AL IKHLASH

113.AL FALAQ

114.  NAAS