erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

martabak ku manis deh

Tinggalkan komentar

Lebih tepatnya mungkin disebut pancake ya, krn bentuknya tipis ga kayak martabak yang dijual itu. Awalnya pengen buat sesuatu untuk manfaatin santan yang masih sisa setengah kaleng (alhamdulilllah nemu santan juga di sini ). Hmm..apa ya yang murah dan enak hihihi maklum akhir bulan gini. Liat bahan yang tersedia akhirnya bikin martabak manis seperti resep ibuku. Pas lagi ada sisa kacang  giling juga sisa pembuatan martabak sebelumnya. jiaaaahh kok bahannya sisa semua …..yang penting hasil dan rasanya WOW. Karena ga nyangka warnanya jadi bagus kalo pake santan,  jadi harus bilang wow yaa…:)

buruan catat sebelum lupa niy.

bahan:

100 gr  tepung terigu

125 ml santan (aku pake yang agak encer krn ditambah air)

1/4sdt soda kue

1 sdm susu bubuk

50 gr gula pasir

1/4 sdt fermipan

vanili dan bubuk kayu manis secukupnya untuk aroma

isi/toping ( optional);

keju parut

coklat meises

pisang

kacang giling

Cara Membuat:

1. Campurkan bahan kering ; terigu, fermipan, gula, soda kue, susu bubuk, vanili dan kayu manis. aduk sampai rata

2. tuangkan santan sedikir demi sedikit sambil diaduk. lakukan sampai habis santannya dan didapat adonan seperti bikin bakwan

3. diamkan adonan kurang lebih 1 jam. Waktu itu sempet diitinggal belanja sambil khawatir kelamaan dan basi, alhamdulillah sampe rumah tu adonan baik- baik saja. so selanjutnya bisa dicetak.

4. siapkan wajan teflon, panasi sebentar dengan api kecil.

5. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur dan goyang wajan sampai dapat lebar pancake yang diinginkan.

6. tunggu hingga berongga dan setengah matang lalu beri topingnya. bagusnya pake keju biar bisa nempel. kalo ga bisa dioles mentega trus ditaburi gula pasir.

7. tutup sebentar kurleb setengah menit aja. lalu lipat jadi dua. ga dilipat juga boleh. suka suka aja deh

8. nah pancake alias martabak manis home made yang cantik bisa dinikmati anget anget deh

terang bulan, kalo boso keren sih martabak manis

terang bulan, kalo boso keren sih martabak manis

selamat mencoba….

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s