erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

新年会 平成25年。Tradisi Awal Tahun

Tinggalkan komentar

Penyambutan tahun baru Masehi  tidak pernah  ikutan hingar bingar perayaannnya. Lagian ga ada ajaran seperti itu dalam Islam. Tapi di negara kita dan negara negara lain begitu heboh menyambut tahun baru. Sebagai momentum untuk berubah ke arah lebih baik sih oke, tapi kalo cuma hura hura sama aja bo’ong. Jadi ngelantur niy…

Beda lagi dengan di Jepang yang menganggap Tahun baru -お正月ー sebagai hari penting seperti Hari Raya. Membuat hari ini spesial dan menjadi tradisi penuh makna sebelum dan sesudah pergantian tahun. Sudah bahas dikit di http://samarakazoku.blogspot.jp/2013/01/new-year-2013.html .hehehe Maksudnya langsung aja deh cerita kalo setelah tahun baru biasanya ada 新年会 - Shinnenkai. Kalo diartikan bisa jadi pesta tahun baru, tapi ini biasanya dimaksudkan untuk mengawali pertemuan pertama di tahun baru setelah liburan. Bisa di kantor atau di perkumpulan tertentu. Nah , Alhamdulillah tahun ini dapat 2 undangan Shinnenkai .Smoga ga termasuk merayakan tapi sebagai sarana belajar & silaturrahim. Memang ga ada kesan party juga.

Pertama undangan dari teman orang jepang yang sudah akrab dengan Indonesia ( ga hanya orang-orangnya tapi bahasa bahkan budayanya🙂 . Yaitu Noriko -san yang uda seperti ibunya Mahasiswa Indonesia hehehe. Alhamdulillah beliau uda paham kalo kami hanya makan yang halal jadi Insya Allah aman karena yang disajikan mostly sayuran dan seafood. Sekitar 12 orang diundang ke rumahnya tanggal 5 Januari. Disini pertama kali makan おぞうにーozouni : sup isi mochi. Biasanya setelah 7 hari-an gitu kagami mochi dijadikan ozouni. Hmmm agak nyeret mochinya. Abis tu kita puas makan Chirashisushi, inarizushi, tempura dan salad🙂

Ozouni = sup mochi

makisushi, tamagomaki, konyaku, namasu (salad lobak & wortel: katanya warna yang disukai Kamisama?? ) makisushi, tamagomaki, konyaku, namasu (salad lobak & wortel: katanya warna yang disukai Kamisama?? )

Kamaboko, kuromame (biar manis hidupnya :), konbumaki (biar yorokobu alias senang), Tatsukuri, datemaki

Kamaboko, kuromame (biar manis hidupnya🙂, konbumaki (biar yorokobu alias senang), Tatsukuri, datemaki

Mukoshime = serba steam ada wortel, renkon (akar lotus), konyaku, ayam (ga halal) dll

Mukoshime = serba steam ada wortel, renkon (akar lotus), konyaku, ayam (ga halal) dll

Yang kedua undangan dari senseitachi yang ngajar Nihongo di Plaza dormitory tanggal 16 januari. Acara diadakan di Kodaira Chuo Kokuminkan (semacam perpustakaan kota). Disini lebih banyak pengenalan budaya tahun baru oleh senseitachi. Terutama hidangan Osechi Ryori – masakan khas tahun baru yang bissa kita nikmati malam itu. Macam-macam jenis dan makna dibalik masakan tersebut. Tapi sayang ada yang pake ayam  ga halal jadi ada yang belum diicip deh. Selain itu siswa harus presentasi di depan tentang tahun baru di negri masing-masing. Trus yang seru ada sensei yang berusaha menghibur dengan sulap meski kadang gagal hehehe salut deh. Waktu acara ini suami & Fahmi gak ikut karena malam dan pasti dingin. Apalagi dua hari sebelumnya aturun salju pertama di Tokyo dengan lebatnya. Jadi masih banyak banget sisa saljunya (wow salju….patut di posting🙂 . Ini juga karena kadung janji dengan teman sekaligus tetangga dari uzbec & Iran minta pergi sama-sama. Kalo ga pergi ga pren deh :p. Alhamdulillah bisa jadi pengalaman.

Katsu no ko (biar banyak anak heheheh)

Katsu no ko (biar banyak anak heheheh)

Hanetsuki, Takeuma, Kagamimochi, Kadomatsu, Origami, koma, tako (ada yang dibuat dari koran bekas :P

Hanetsuki, Takeuma, Kagamimochi, Kadomatsu, Origami, koma, tako (ada yang dibuat dari koran bekas😛

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s