erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Bawang Merah dan Keistimewaannya

Tinggalkan komentar

Dari minggu lalu pengen repost tentang bawang merah. Teringat kerena Fahmi sempet demam dan waktu telpon ibu diminta ngolesin irisan bawang merah. Rada mikir karena harga bawang merah yang istimewa di sini. Tapi demi pengobatan ga apalah barang sebiji dua biji. Mumpung lagi tidur, karena kalo ketahuan pasti dia ngomel. Alhamdulillah demam cuma smalam, mungkin efek masuk angin siang harinya. nah pernah posting di MP yang layak untuk di share lagi I think.

Gambar

bawang merah

Dec 17, ’11 8:18 PM
Membaca artikel tentang bawang merah, baru tahu kalo kebiasaan mengupas bawang merah untuk persediaan memasak esok hari ternyata ga baik..Lalu tradisi dari nenek moyang yang juga masih dilakukan ibuku  saat cucunya sakit panas : mengoles (melumuri) dengan potongan bawang merah+jeruk nipis+minyak goreng ternyata ada dasar ilmiahnya juga ya…berikut rangkuman artikel nya.
http://berbagisehatalami.blogspot.com/2010/09/kekuatan-bawang-merah-sebagai-anti.htm
Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat bermanfaat yang terkandung dalam bawang merah. Diantaranya adalah Vitamin K, Vitamin E, Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Seng, dan Natrium. Dengan adanya beberapa zat tersebut, bawang merah dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin maupun mineral.
Jika Anda ingin memperoleh khasiat bawang merah secara optimal, Anda dapat mengonsumsi irisan bawang merah yang masih mentah setiap hari secara rutin. Irisan bawang merah mentar tersebut dapat Anda padukan dengan cabe kecil, irisan tomat, dan irisan mentimun lalu diberi garam dan air perasan jeruk nipis. Anda dapat menikmatinya sambil menyantap ikan atau ayam goreng.
Berdasarkan sejarah, masyarakat telah mengetahui manfaat bawang merah untuk kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit yang mereka derita. Diantara manfaat bawang merah tersebut adalah menyembuhkan sakit kepala, melancarkan buang air besar, mengobati batuk, rambut rontok, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular.

Bawang Merah merupakan salah satu tanaman sayuran yang menjadi menu pokok hampir pada semua jenis masakan dengan fungsi sebagai penyedap masakan.
Ternyata setelah diteliti oleh para ilmuwan, bawang merah disamping berfungsi sebagai penyedap masakan, ia juga cukup ampuh sebagai anti bakteri dan mampu membunuh beberapa jenis virus.
Pada tahun 1919 ketika flu membunuh 40 juta orang,(di negara mana, lum jelas infona) ada seorang dokter yang mengunjungi  banyak  petani  untuk melihat apakah ia dapat membantu mereka memerangi flu. Banyak   petani  dan  keluarga mereka  telah  tertular  dan banyak  yang meninggal. Dokter   ini  mengunjungi  satu  keluarga  petani,  dan  yang mengejutkannya,  ternyata semua orang sangat sehat. Ketika dokter bertanya apa  yang  dilakukan  petani  yang membuatnya berbeda, sang istri menjawab bahwa ia telah menaruh bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah piring pada setiap kamar di rumah itu, (mungkin hanya dua kamar waktu itu).Dokter  itu tidak percaya dan bertanya apakah ia dapat memiliki salah satu dari  bawang  merah  itu untuk melihatnya di bawah mikroskop.Istri petani itu  memberinya  satu dan ketika dia melakukan hal ini, ia menemukan virus flu  di  bawang  merah  itu. Bawang merah ini jelas menyerap bakteri, oleh karena  itu,  menjaga  keluarga ini tetap sehat.

Lalu ada cerita yang berbeda lagi dari  penata  rambut di AZ.
Dia mengatakan bahwa beberapa tahun lalu banyak  dari karyawan yang datang bekerja dengan sakit flu dan begitu juga banyak dari pelanggannya. Tahun berikutnya ia meletakkan beberapa mangkuk bawang  merah  di  sekitar tokonya. Yang mengejutkan, tak satu pun stafnya sakit. Ternyata berhasil.

Belilah beberapa bawang merah dan tempatkan dalam mangkuk  di  sekitar  rumah  Anda. Jika  Anda  bekerja  di  dalam kantor, tempatkan satu atau dua di kantor atau di bawah meja Anda atau bahkan di atas  suatu  tempat.  Cobalah dan lihat apa yang terjadi. Kami melakukannya tahun lalu dan kami tidak pernah terserang flu. Hal  ini  membantu  Anda  dan  orang-orang yang Anda cintai dari sakit, dan semua menjadi lebih baik. Jika Anda terkena flu, itu hanya mungkin menjadi satu  kasus yang  ringan ..

Cerita berikutnya , ada sebuah pesan., ketika hal ini dikirimkan ke seseorang di Oregon yang secara teratur memberikan  kontribusi  materi masalah kesehatan. Dia menjawab dengan pengalaman  yang  paling  menarik  tentang  bawang merah : Terima  kasih  untuk mengingatkan. Aku tidak tahu tentang kisah petani itu…  tapi,  aku  tahu  bahwa  saya terkena pneumonia dan tidak perlu untuk mengatakan  aku  sangat  sakit  …  aku  menemukan  sebuah  artikel  yang mengatakan  untuk  memotong kedua ujung sebuah bawang merah, lalu letakkan salah  satu  ujungnya pada sebuah garpu dan kemudian tempatkan ujung garpu pada sebuah stoples kosong …. letakkan stoples itu di sebelah pasien yang sakit  pada  waktu  malam  hari.
Dikatakan bahwa bawang merah akan menjadi hitam  di  pagi  hari  karena kuman2 …. tentu saja hal itu terjadi persis seperti  itu  …  bawang  merah itu berantakan dan aku mulai merasa lebih baik. Hal lain di artikel itu bahwa bawang merah dan bawang putih  yang ditempatkan di sekitar ruangan menyelamatkan banyak orang dari wabah  hitam  tahun  yang  lalu. Bawang  merah dan bawang putih mempunyai kekuatan antibakteri, peralatan antiseptik.

catatan Lainnya
SISA BAWANG MERAH BERACUN
Bawang  merah  adalah  sebuah  magnet besar untuk bakteri, terutama bawang mentah.  Anda  seharusnya jangan pernah berencana untuk menyimpan sebagian dari irisan bawang merah. Hal ini tidak aman bahkan jika  Anda memasukkannya ke dalam  tas zip-lock dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda. Bawang  merah  sudah cukup terkontaminasi hanya dengan dipotong dan dibiarkan terbuka untuk sebentar saja, sehingga hal itu dapat membahayakan Anda  (dan  perlu  lebih  waspada  lagi  terhadap  bawang  merah yang Anda masukkan ke dalam hotdog Anda!)

Jika Anda mengambil sisa bawang  merah  dan memasaknya, anda mungkin akan baik-baik saja,  tetapi  jika  Anda  memotong  sisa  bawang  merah  dan menaruh pada sandwich  Anda, Anda sedang mencari masalah. Baik bawang merah dan kentang basah  dalam  salad  kentang,  akan menarik dan menumbuhkan bakteri bahkan lebih cepat daripada mayones komersial yang akan mulai rusak.
Harap  diingat!!!  adalah berbahaya  untuk mengiris bawang merah dan mencoba menggunakannya untuk memasak pada hari berikutnya,  bawang merah menjadi sangat beracun bahkan untuk satu malam dan menciptakan bakteri beracun yang bisa menyebabkan infeksi lambung yang buruk dikarenakan kelebihan sekresi empedu dan bahkan keracunan makanan.

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s