erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Kalkulasi Masa Ovulasi

2 Komentar

Sedang merencanakan kehamilan??? selain harus banyak doa juga harus banyak usaha hehehe. Usaha cari ilmu maksudnyah. Dalam hal ilmu menghitung daku merasa selalu ketinggalan deh, jadi untuk perhitungan masa subur pakai tools yang di web aja. Uda banyak kok, kalo aku baru  baru nemu yang di bidanku.com.

eh mau kasih contoh ternyata screenshootnya kecil ya. Di situ sudah jelas keterangannya kapan masa ovulasi (masa subur) dan kemungkinan dapat bayi laki laki atau perempuan.

kalkulator bidanku

kalkulator bidanku

kalo baca dari blog ummu syifa : Menghitung masa subur dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan rumus: (jumlah siklus haid:2) +/- 2 hari. Jumlah siklus haid wanita pada umumnya adalah 28 hari, jadi (28:2) +/- 2 hari = hari ke 12-16. Ada yang menghitung dari hari pertama haid terakhir, namun ada pula yang menghitung mundur dari perkiraan haid yang akan datang.
Misalnya bila bulan ini hari haid pertama adalah tanggal 1, maka masa subur Anda menurut cara pertama adalah antara tanggal 12-16. Sedangkan untuk cara ke dua, perkirakan haid yang akan datang tanggal 29, jadi masa subur dihitung mundur 14 hari dari tanggal 29, yaitu tanggal 13-17.
Untuk memudahkan penghitungan, saat ini banyak tool-tool atau software untuk menghitung masa subur hanya dengan memasukkan jumlah siklus haid dan hari pertama haid.
Untuk wanita dengan siklus haid yang tidak teratur, maka bisa jadi akan sulit menghitung masa subur. Untuk menghitungnya, anda harus mencari jumlah rata-rata siklus haid anda minimal selama enam bulan terakhir. Baru kemudian ditentukan dengan rumus di atas atau menggunakan tool tadi.
Ada juga sebuah tool yang dapat menunjukkan lengkap dengan kalender, bahkan juga kemungkinan anak yang akan dilahirkan. Silakan dicek di alamat ovulation-calendar.net.

kalender Ovulasi

kalender Ovulasi

Baris pertama diisi dengan tanggal hari pertama haid. Baris ke dua diisi dengan jumlah hari siklus haid (jarak hari pertama haid sampai hari pertama haid bulan berikutnya).
Untuk baris” luteal phase” biarkan aja angka aslinya (14 days). Angka ini merupakan angka rata-rata pada wanita dan biasanya paling banyak meleset 1 hari (gitu kata yang punya kalendar).(dikutip dari situs ini)
Selanjutnya pilih jenis kelamin bayi yang anda inginkan. Dan klik View Calendar. Hasilnya (dalam contoh ini adalah dengan tidak memilih jenis kelamin anak) adalah sebagai berikut.

hasil tes

hasil tes

Warna hijau, semakin tua maka menunjukkan semakin subur, sedangkan warna merah adalah tanda saat haid. Merah tua haid deras, semakin muda haid semakin sedikit.
Bagaimanapun, ini adalah salah satu usaha untuk menghitung masa subur dengan perkiraan saja. Hasilnya nanti terserah Allah, kapan akan memberikan rezeki berupa anak kepada kita. Berdo’a adalah hal terbaik setelah berusaha.
Silakan mencoba, semoga bermanfaat.

Manusia hanya berusaha dan berdoa, Insya Allah dari situ juga ada pahala kebaikan. Terlebih lagi jika dikabulkan Allah bertambah lagi ladang syukur dan ibadah kita.🙂

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

2 thoughts on “Kalkulasi Masa Ovulasi

  1. yang belum nikah gak boleh ngerti soal ini nih.. hehe…
    nikah dulu, baru bisa pakai metoda ini buat KB alami..

    btw, desain blognya bagus !
    saya juga punya blog ttg kesehatan rambut dan saya butuh review dan masukan dari master blog seperti anda. please visit n comment di Perawatan Rambut ya!

    • iya ya kalo yang belum nikah bisa dimanfatkan yang ngak ngak ni. ganti judul aja kayaknya biar spesifik ke pengguna kalo di searching. btw makasih atensinya tapi saya bukan master, belom aja kali hehehe. karna ini jg otodidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s