erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Memasak Gobo Kinpira #resep 1

Tinggalkan komentar

Gambar

Gobo yang bersih dan yang masih bertanah

Akhir pekan lalu alhamdulillah bisa belajar masak. Penasaran karena tiap datang ke toko sayur (Yaoya 八百屋) banyak sayuran yang belum dikenal apalagi masaknya (karena ga gaul kali yaa) . Untuk mengobati penasaran, uji coba pertama saya coba beli sesuatu yang item panjang banyak tanahnya. Ternyata namanya Gobo. Terlalu PD maen terjang aja masaknya & hasilnya ga memuaskan. Pertama coba diserut trus digoreng tapi gosong, direbus dicampur salad kok ga manteb.

Ternyataa memasak Gobo / akar burdock/ ketela Jepang perlu trik khusus. Pertama kali coba salah kaprah karena ga tau ilmunya. Jadi tanya tanya ibunya  para mahasiswa di sini deh. Alhamdulillah Noriko san mau datang langsung ke rumah untuk mengajar cara masak Gobo. Jadinya sih 3 resep : Kinpira, gobo sarada (salad) dan Takikomi gohan. plus Inarizushi sebagai bonus (ga da hubungan ma gobo ini).

Tipsnya, Gobo harus dimasak segera setelah dikupas dan dibersihkan. Punya saya sudah terlanjur layu. Setelah dikupas dan diiris langsung rendam air dingin dan ganti jika air sudah menguning.

Resep 1. Gobou Kinpira

Bahan:

Gobo  ukuran sedang                      1 batang

Wortel  sedang                                  1 buah

Gula                                                       2 sdm

Shouyu (kecap asin)                        1 sdm

Minyak Wijen (Goma Abura)      ½ sdt

Wijen putih                                        10 gr

Garam                                                  secukupnya

Minyak goreng untuk menumis secukupnya. Note: ukuran bahan bisa disesuaikan selera masing-masing karena yang diatas  itu juga perkiraan aja.

Cara masak:

  1. Cuci gobo dan potong korek api. Disini aku paling heta alias ga rapi banget potongnya heheh. Kalo pake pisau peeling terlalu tipis karena kinpira khasnya ya masih bisa dinikmati nye nyes halah. Pokoknya kalo mateng ga lemes gobonya.
  2. Rendam dalam air dingin dan ganti airnya beberapa kali.
  3. Wortel juga dipotong korek api.
  4. Rebus irisan gobo &wortel  kira kira 1 menit. Ga usah terlalu mateng karena mau ditumis. Tujuan di rebus biar ga gosong waktu ditumis.
  5. Tiriskan.  Sambil nunggu panaskan minyak di wajan
  6. Tumis Gobo & wortel sambil terus diaduk sampai minyak habis. teruskan sampai mateng , tandanya yaitu empuk tapi masih kres kres. Jadi incip aja
  7. Tambahkan gula sambil tetep diaduk karena makin mudah gosong kalo uda dikasih gula.
  8. Tuang Shoyu dari tepi wajan agar aroma menyebar . aduk rata, jangan lupa diincip. Tambahin garam kalo kurang asin , tambah gula kalo kurang manis.
  9. Matikan api lalu tuang minyak wijen. Aduk aduk dulu baru taburin wijen putih. Aduk rata lagi
  10. Gobo kimpira deki agari. Sajikan deh.
Gambar

Langsung tuang chawan tanpa garnish langsung abis.
(ga boleh bilang Mangk*k sembarangan di jepang ya krn artinya sensitif)

Gobo bisa juga diganti dengan Renkon (akar teratai). Cara masaknya sama direndam dulu. Hanya cara potongnya aja yang beda karena Renkon bentuknya bulat. Yang penting tipis dan bisa kres kres J

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s