erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Resep 4 . Inarizushi いなりずし

Tinggalkan komentar

Tambahan bonus belajar Resep ke-4 : Inarizushi

Sushi ini menurut saya termasuk yang agak cucok dengan lidah Indonesia karena memakai tahu untuk bungkus nasinya. Jadi seperti tahu isi ya, malah ada temen yang bilang tahunya kayak tahu bacem hehehe.  Alhamdulillah dapat tambahan resepnya ni. Saya pernah bikin iseng iseng pake nasi biasa dicampur ma furikake doang kok  ga mirip ma aslinya. Ternyata waktu diajarin , nasinya dikasih cuka. Bisa cuka jadi yang tinggal beli  (susisu すし酢) ato bikin campuran sendiri. Tahu yang dipakai juga ada yang tinggal beli, khusus untuk Inarisushi.  Cari aja yang ga mengandung mirin. Yang uda jadi ini tinggal angetin doang trus diisi nasi, kalo dingin mudah sobek soalnya. Nah berikut kalo yang bikin sendiri.

Bahan bungkus:

  1. Abura Age 油揚げkalo di Indonesia mirip tahu pong                     1 bungkus (isi  5)
  2. Shoyu   醤油                                                                                  3 sdm
  3. Gula                                                                                               3 sdm
  4. Dashi no moto だしの素 / kaldu   (optional)
  5. Air untuk merebus  kira kira aja jumlahnya sampai bisa merendam tahu/ abura age. Jadi jumlah shoyu & gula bisa menyesuaikan.

How to :

  1. Potong Abura age jadi 2 dan rendam dalam air panas. Ini bertujuan untuk menghilangkan lemak dalam abura age/ tahu
  2. Setelah terendam semua langsung  angkat & tiriskan. Peras air yang tersisa.
  3. Sementara itu rebus air  di fry pan sampai mendidih. Masukkan shoyu , gula dan dashi no moto. Incip incip udah pas belum…keasinan ga….
  4. Kalo uda pas masukkan abura age/ tahu sampai terendam.  Kalo ada penekan kayu itu lebih baik bias lebih meresap.
  5. Rebus sampai air habis tapi hati hati lupa ntar gosong. *pengalaman hehehe*
  6. Kalo udah meresap , matikan api dan tunggu sampai hangat. Sambil nunggu kita siapkan nasinya.

Bahan nasi cuka:

  1. 2 cup nasi hangat yang baru matang
  2. 1 sdm gula pasir
  3. ½ sdt garam
  4. 3 sdm Cuka jepang ato cuka yang terlalu asam.

Saya punya cuka bawa dari Indonesia tapi kata Noriko san itu terlalu asam. Waktu diincipin sampe njumbul/ terkejut saking kecutnya. Untuk prosentase kurang tahu sih mungkin sekitar 5 % asam. Bisa dikurangin aja jumlahnya kalo terlalu asam.

  1. Wijen putih untuk taburan

Cara buat:

  1. Campur cuka, gula dan garam dalam wadah. Klo bisa hindari yang dari logam biar ga bereaksi  zat kimianya. Aduk sampai larut.
  2. Aambil nasi dan campur dengan larutan cuka. Masukkan wijen dan aduk sampai rata.
  3. Icip icip jangan lupa J

How to make Inarizushi:

  1. Ambil abura age dan buka tepinya perlahan. Bisa juga dibalik jadi bagian luar yang ada serat putihnya itu.
  2. Kepal kepal nasi kira kira ukurannya bisa masuk abura age.
  3. Masukkan ke abura age dan tekan lagi lalu lipat ujung ang terbuka.
  4. Lakukan sampai bahan habis daaan deki agarii…
    Gambar

    Hasil berguru, uda ada yang dicomot hehehe…

Gambar

iseng iseng perdana. bagus bentuknya tapi jauh dari rasa asli. yang penting doyan😛

 

 

 

 

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s