erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Catering Dadakan #2

Tinggalkan komentar

Ingat posting sebelumnya dengan judul yang sama. Kali ini dadakan beneran karena baru dipastikan pesanannya sehari sebelumnya. Pas bahan di kulkas juga menipis, khususnya daging ayam. Siang itu juga meluncur ke Gyomu supa, Zannen deshita….sayang sekalii uda dingin dingin bersepeda tapi ga dapat yang dicari alias stok ayam halal habis.Itu berarti harus meluncur ke Shinokubo (kurleb 45 menit dengan kereta). Makin dipercepat cari yang dibutuhkan yaitu bumbu ayam tandori 3 botol sekaligus, Alhamdulillah lagi masih dapat frozen spring roll (Harumaki) beli 3 juga karena jarang-jarang ada. Pulangnya mampir toko sayur segar. Habis magrib suami langsung berangkat ‘berburu’ ayam di Shinokubo. Sebelumnya kontak jeng Farida di gedung sebelah barangkali punya stok ayam jadi bisa diolah sembari nunggu suami pulang. Alhamdulillah ada..langsung diantar lagi ayam 1 kilo-an gitu plus dibawain rice cooker. Pinjem dulu stok dapurnya ya.. nawarin bantuan juga tapi insya Allah bisa diatasi. Many thanks buat my husband & jeng Farida🙂

Mulai mengerjakan yang direncanakan yaitu bikin Ayam Tandori, perkedel, nasi kuning plus salad & harumaki (frozen lumpia yang tadi dibeli, gorengnya pagi pagi karena ide tambahan :p). Resepnya hunting dari berbagai sumber, penerapannya yang mengalami beberapa insiden. berikut ceritanya:

Ayam Tandori

Potong-potong ayam dan rendam dalam bumbu tandori instant plus yogurt semalaman (minimal si 3 jam). Komposisinya ini yang dapat koreksi dari suami, maklum itung itungan lemot. Di petunjuknya tertulis 100 gr bumbu (isi 300gr) untuk 500gr ayam. Karena yang direndam duluan ada kurleb 1,5kg jadiiii harus 1 wadah bumbu itu dipake semua. Ditambah Yogurt kira-kira 4 sendok karena ga ada petunjuknya. Nah waktu itu pas ada sisa  di botol bumbu & yogurt jadi ngitungnyaga pas😀. Suami mulai manggang jam 4 pagi selesai jam 8 pagi. Giliran shift pagi😉 ini untuk 35 potong (yang dibawa 33 kotak bento).

Nasi Kuning

Bikin bumbu seadanya dijadiin 1 dalam panci. Adanya sereh, daun salam , daun kayu manis, bawang, garam, kunyit bubuk, kunyit utuh & santan.  Sebelumnya ngukur di garis ukur rice cooker untuk 5 cup kurleb butuh 600ml air jadi kalo 3 rice cooker paling butuh 1800ml. Ternyata udah dituang kok kurang yaaa, baru nyadar yang pinjeman itu kapasitasnya lebih banyak. Jadi harus nambahin dan waktu uda ditanak masih keras. Harus kembali ke jaman konvensional, dikukus lagi pake dandang. Alhamdulillah mateng diujung malam, halaaah..

Perkedel kentang

Kentang harusnya digoreng tapi demi efisien waktu & healthy kentangnya aku kukus. Cara praktis tapi kurang manis teksturnya munurutku karena hasilnya lembek kalo dialusin. Biasanya aku siasati dengan dioven lagi bentar. Cumaa pikirannya masih dikejar ‘efisiensi’, diambil deh tu food processor buat halusin dan taraaa makin lembek ga karuan. Alhamdulillah masih bisa dibentuk dan waktu digoreng ga ancur.

Atas ijin Allah jadilah pesanan buat pengajian 2 mingguan ini. Semoga berkah bagi semuanya. aamiin

Gambar

Bentou murah meriah dengan ayam yang rada gosong. itu yang bikin gurih heheheh si item manis tapi pedas.

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s