erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Kenangan Iseng ketika di Jepang

1 Komentar

Berhubung cuma sebentar di negri orang, iseng iseng pingin mencatat yang terlintas di benak apa yang belum pernah dilihat/ dialami di Indonesia.  ini akan jadi kenangan atau inspirasi nantinya🙂 . Nulisnya sesuai yang terlintas aja jadi lompat lompat bahasannya dan bisa disambung kalo nemu hal unik lainnya.
 1. jadwal transportasi umum yang on time. jd harus lari lari / cocokkan jadwal dulu sebelum berangkat
2. koen/ taman dengan fasilitas standar mainan anak : ayunan -ぶらんこ、prosotan -滑り台、main pasir – すなば、dan yang penting adalah kran untuk cuci tangan
3. acara anak di TV yg ga sembarangan, artinya bener bener disesuaikan dengan umur balita yang banyak mengajarkan kemandirian & etika kehidupan sehari hari
4. jalan bareng dg ibu ibu/  sendirian dari eki   ke tempat pengajian sambil cari cari alamat :p yg sudah dicari sebelumnya di Map
 5. fasilitas lift/ eskalator di tempat umum jadi memudahkan bagi yg bawa baby car/ penderita cacat.
6 . kemasan makanan/ snack – sering jajan soale hehehe-  yg lengkap dg ingredient, daftar nilai gizi dan yg penting contact person. penting karena ga ada lebel halal disini. Di indonesia jg ada sih tapi jarang untuk yang cemilan ringan dari home industri. Tambahan yang jarang adalah customer service yang ramah kalo ditelpon, ditanya- tanya bahan produknya.
7. SPG/ SPB yg bagi bagi leaflet+ tissue gratis dekat stasiun ( butuh tissuenya, ga ngerti iklannya)
8. rapat online, pengajian online serba online2 an deh.
9. Liat nenek nenek bawa belanjaan ( beneran loh jarang banget lihat kakek kakek yg begini) dengan naik sepeda ato pake stroller khusus buat belanja.
10. Pergantian musim dengan karakteristiknya masing masing.
11. Belanja dan mengemas sendiri barang belanjaan di tempat yang disediakan. (tempat favorit Fahmi mainin busa basah yang tersedia agar tangan mudah untuk membuka lembaran kantong plastik. hadeeuh..)
12. Ga perlu ngangkut tabung gas ato kayu bakar untuk nyalain kompor. Gas sudah di handle ma perusahaan negara. Tinggal bayar bulanan kayak bayar listrik.
13. Fasilitas   umum yang tersedia seperti toilet yg ga pake bayar ( meski kebersihan kadang ga selalu terjamin juga & harus bawa botol sendiri untuk c*bok hehehe), telpon umum, peta daerah etc.

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

One thought on “Kenangan Iseng ketika di Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s