erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Belajar Bertanam みどりを大切にしよう

2 Komentar

Belajar Bertanam みどりを大切にしよう

Judul bahasa Jepang diatas ga nyambung ma bahasa Indonesia. itu nyomot aj dari pinggir jalan heheheh. Maksudnya tulisan itu sering terlihat di sepanjang taman pinggir jalan. Artinya kalo diambil makna secara luas mungkin begini : mari kita pelihara tanaman atau mari menjaga agar lingkungan tetap hijau.
Tumbuhan , terlebih bunga sangat diapresiasi oleh masyarakat Jepang. Paling ga itu yang terlihat di sekitar tempat tinggal. Tiap rumah hampir ada bunga yang oleh pemiliknya sangat dirawat dan disesuaikan dengan musim. Sehingga ga bosan yang melihat, jadi senang kalo lagi jalan-jalan  sambil melihat bunga-bunga di taman orang🙂 tepatnya bukan taman tapi pot karena tanah disini kan sempit.
Nah suami uda lama pengen punya tanaman juga. Saya malah ga pengen karena kuatir malah mati di tanganku ( halaaah). Dekat rumah banyak toko bunga jadi makin mendorong untuk beli tanaman. Sebagai permulaan belilah 4 kantung bunga. Waktu itu masih musim dingin, lupa nama bunganya. Kata penjualnya bisa bertahan hingga musim semi. Bunga-bunga tadi dibiarkan begitu aja tanpa dipindah di pot yang lebih layak karena lum punya :p Jadi punya tambahan pekerjaan baru yaitu menyiram bunga.
Dari 4 bunga tadi jadi pengen nambah koleksi. Awal musim semi coba beli Tulip dan mawar kali ini coba di toko lain. Lalu mulai melirik tanaman sayur, kami pilih Pokcoy , Parsley, Lettuce & ice plant ( baru tau ada sayuran begini). Tanaman makin banyak jadi perlu tempat nih, belilah pot dan tanah di Daiso ( toko serba 100yen). Alhamdulillah dikasih 4 buah pot sama penjual bunga, jadi ga perlu beli pot banyak-banyak. Ternyata tanahnya yg kurang😀 perlu nambah kayaknya.
Cuaca musim semi mulai menyengat hangat, bunga- bunga pun tak bertahan karena kurang terawat  hehehe. Alhamdulillah sayuran masih bertahan, hanya lettuce yang uda disantap duluan🙂 Jadilah suami berinisiatif mengganti bunga-bunga tadi dengan sayuran lain. Ada aja yang dibeli.. Keluar kemanaa mampir beli tanaman terong & cabe.
masih ada bunga yg beli waktu musim dingin ( lupa namanya), mawar, lettuce dan tulip yang tinggal daun

masih ada bunga yg beli waktu musim dingin ( lupa namanya), mawar, lettuce dan tulip yang tinggal daun

 Terakhir tadi pas ngajak main Fahmi di taman dekat dorm ga sengaja lihat pamflet di papan pengumuman ada Midori Festival ( Festival hijau/tumbuhan) di Kodaira Chuo Koen tanggal 12 Mei jam 10 pagi – 3 sore. Wah hari ini dong, padahal uda mau pulang niy. Akhirnya dengan membujuk Fahmi untuk menyudahi main-mainnya ( kasian…) saya ajak meluncur ke taman tempat festival yang jaraknya kalo ngayuh sepeda kurleb 15 menit. Alhamdulillah rame juga disana, banyak kegiatan yang memanfaatkan tumbuhan selain pameran/ jualan, seperti lomba menggergaji kayu, buat hiasan dari bunga,  bikin peluit dari daun dll. Di stand peluit daun ini ada kakek penjaga stan yang mempersembahkan lagu Bengawan solo dengan alat tiup daun hehehe tersanjung. sebenernya belio masih ingin tau lagu Indonesia lain…cuma Fahmi rada ga mood uda capek kali jadi keburu ngajak pergi sebelum sempet pamit karena si kakek jg sibuk dengan pengunjung lain. Ga mau pulang dengan tangan kosong , cari cari tanaman tuk dibawa pulang. akhirnya pilihan jatuh keeee… Paprika, Basil & Cabe hijau. Bismillah semoga tanamannya awet & bisa bermanfaat bantu kebutuhan dapur🙂
sudah ga warna warni, ijo semua. ketambahan sayuran yang baru dibeli

sudah ga warna warni, ijo semua. ketambahan sayuran yang baru dibeli

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

2 thoughts on “Belajar Bertanam みどりを大切にしよう

  1. Mbak Erlin, bunganya cakep-cakep banget. Aku juga nanam sayuran, cabe, tomat, peterseli. Balkonku oenuh pot2, maklum ga punya taman😀. Disini matahari blm lewat 25 derajat C, jadinya tanaman2 agak lambat tumbuhnya.

    • perlu banyak belajar mbak, seru juga liat ijo ijo. cuma ini mungkin karena beli jadi keliatan kurus kurus ya. perlu dicariin sodara hehehe. pengen cari yang jualan bibit lum nemu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s