erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Bikin Cilok alias Pentol 🍡 だんごを作る

Tinggalkan komentar

(^。^) cilok lho yaa bukan cinlok

Pagi – Pagi setelah sarapan rehat sambil baca majalah Ummi. Sesekali baca yang bagian anak dengan suara keras untuk menarik perhatian Fahmi yang asyik main biar ikutan baca.  Nah keterusan liat-liat sampe halaman resep yang menyajikan resep bakso ikan. Spontan takjub dan bilang ‘woow pentoool..’ ( sebutan di desaku untuk jajanan mirip bakso ini memang pentol ) . Fahmi pun ikut takjub dan langsung nagih minta pentoool…walah karena memang doyan ngemil akhirnya berencana bikin untuk sore hari, disesuaikan bahan yang ada tentu  . Ga jadi bakso ikan yang rumit bikin cilok alias pentol kanji pun jadi. Bahan utama kan aci hehehe ( aci : tepung kanji, tapioka, sagu macam itulah )
hunting resep awalnya dari sesama warga Jombang punya mbak Binta http://bintaelmamba.blogspot.jp/2012/11/pentol-ojek-pentol-tanpa-daging.html
tapi modifikasi tetep jalan apalagi sempet salah baca takarannya :p jangan khawatir tetep maknyus kok. apalgi ini ditambah sayuran nambahin nilai gizi insya Allah
Bahan :
1 . tepung Sagu      150 gr. ( pas ada nih dikasih teman tapi tetap ngirit jadi setengahnya dicampur ma Katakuri ko, semacam tepung kanji juga tapi perasaan hasilnya beda kalo untuk masak bakso)
2. tepung terigu    100 gr . tuu kan perbandingannya kebalik dari resep rujukan :p
3. daging giling      100 gr . optional, kebetulan pas ada daging tuna jadi campur aja deh
4. daun parsley.   1 kuntum.   dikit aja biar ga sengak, aslinya pake saledri  tentu labih sedap. berhubung ga punya stok pake aja deh parsley.
5. wortel parut   1/4 batang
6. daun sawi  cincang    3 helai.  ambil daunnya saja
7. air                 75 ml, sesuaikan dengan kekentalan tepung saat diuleni.
bumbu Halus:
1. bawang putih 4 siung
2. bawang merah 2 siung ( berhubung mahal jadi tetep paket hemat )
3. kemiri   1 butir
ketiga bahan diatas digoreng dulu sebelum diuleg/ dihaluskan
4. merica       secukupnya bisa juga pake merica bubuk jadi kalo dirasa kurang tinggal tuang
5. garam secukupnya
Cara membuat :
1. siapkan air 1 panci, beri sedikit minyak, rebus diatas api sedang
2. sementara menunggu air mendidih , uleni bahan cilok:  campur bahan-bahan (kecuali air) dengan bumbu halus. tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk/ diuleni sampe kalis dan bisa dibentuk.
3. sesudah kalis dan pas rasa nya ( jilat aja biarpun masih mentah hehehe, abis tu kumur-kumur) bentuk bulat sebesar kelereng atau sesuai selera.
4. cek air dipanci, kalo udah mendidih masukkan bulatan-bulatan tadi. Rebus hingga mengapung.
5. Angkat bulatan yang mengapung dan tiriskan. Lakukan sampai adonan habis
6. Nah, cilok ato pentol siap dinikmati hangat-hangat. Paling klop dengan sambel kacang, tapi Fahmi ga suka sambel dicocol mayonaise juga enak ternyata :p
setelah dibulatkan , tempatkan di wadah yang udah dilumuri minyak biar ga lengket.

setelah dibulatkan , tempatkan di wadah yang udah dilumuri minyak biar ga lengket.

untuk menjaga tetap hangat bisa dikukus lagi dalam dandang, karena kalo udah dingin jadi keras/ alot.

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s