erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Japanese Style Hamburger – Home made ハンバーグ

Tinggalkan komentar

Setengah ga percaya, kirain uda diposting pas lagi butuh contekan resepnya dicari-cari kok ga ada. Ealah… masih tersimpan di folder compi. huhuhu..langsung salin disini deh.

vvvvvvvvvvvvvvvvvv ^____^vvvvvvvvvvvvv

Pertama kali bikin Alhamdulillah enak juga di lidah (ku) . browsing & lihat di You tube trus dipadukan sendiri dengan bahan yang ada. Oya hanbagu ini penyajiannya ga hanya buat isian roti seperti American burger itu tapi yang lebih banyak dijumpai (sebatas pengetahuan saya) lebih mirip seperti makan steak. Oke coba ya resep edisi perdana  nan sederhana ini..

Bahan:

  1. 300 gr daging Ayam giling  (pas adanya itu , harusnya pake daging sapi lebih mantap kali)
  2. 1 butir telur ayam
  3. 100 gr tepung roti (kira kira aja)
  4. ½ wortel diparut (biar imbang ada sayuran karena Fahmi masih susah makan sayur)
  5. 5 batang jamur Shimeji dicincang (kebetulan lagi ada stok)
  6. 1 buah bawang bombai ukuran sedang
  7. 1 siung bawang putih
  8. Garam, merica secukupnya
  9. Sayuran rebus, kalo istilah Farah Quin cukup di blanch (bener ga nulisnya ni) : rebus dlm air mendidih langsung angkat.  Bisa wortel, brokoli, kacang panjang , buncis , etc sesuai selera.

Cara buatnya:

  1. Cincang bawang putih dan bawang bombai lalu tumis bentar, tunggu dingin. Ga ditumis juga ga papa tapi lebih sedap ditumis kayaknya.
  2. Dalam wadah lain campur daging ayam gilig, telur ayam, tepung roti, wortel parut, Jamur dan bahan yang ada lainnya. Aduk aduk sampai rata & tercampur semua.
  3. Masukkan tumisan bawang bombai & bawang putih ke adonan daging, tambahin garam, merica  dan aduk lagi. Pokoknya aduk aja deh semua bahan yang ada langsung jadi satu juga ga papa.
  4. Kalo uda rata campurannya, bentuk bulat lalu gepengkan. Lakukan sampai adonan habis.  Setelah tahap ini bisa disimpan di freezer untuk stok lauk.
  5. Kalo mau langsung dimasak, panaskan fry pan & beri sedikit minyak goreng/ mentega. Masak adonan hanbagu sampai satu sisi matang , baru dibalik. Tunggu sampai matang lagi sambil nikmati aroma sedikit gosong 😀
  6. Sisa minyaknya bisa untuk masak sausnya

Untuk saus bisa beli yang langsung jadi ato pake apa aja yang suka.  Kalo pas ini aku pake saus tomat, sedikit kecap, garam, merica & air yang dimasak di fry pan sisa masak hanbagu sebelumnya.

Uda matang semua….

Tata di piring hanbagu dan sayuran rebusnya lalu siram dengan saus.  Alhamdulillah lumayaan. Jadi ingat  waktu nyamperin Waroeng steak  Bintaro duluuu  (padahal jauh banged menunya hehehe).

Gambar

pas lagi di wajan

Gambar

pengennya dihias yang cantik gimanaa gitu, tapi jadinya malah kayak robot ringsek ato badut. yang penting nikmat😀

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s