erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Mi Ayam Hijau Handmade- 手作りの緑麺(みどりめん) 

Tinggalkan komentar

Awalnya ingin buat mi Ayam ini salah satu faktornya adalah masak ayam goreng. Ayam goreng pake diungkep dulu pake bumbu kumplit : Bawang merah putih, gula merah, garam, sereh, daun jeruk , daun salam, ketumbar, merica, kunyit, lengkuas, jahe pokoknya segala bumbu dicemplungin😀. Insiden nungguin ayam ungkep yang bukannya susut airnya,  malah jadi banjir karena minyaknya / lemak ayamnya  keluar.  Nah liat minyaknya inilah jadi kepikiran mi ayam. Minyak yang keluar tadi pun saya sisihkan. Sengaja ayam ungkep ga digoreng semua jadi masih punya cadangan buat topping ntar.  Tinggal cincang –cincang lalu ditumis lagi , ditambah kecap dan irisan daun bawang.  Sippo deh. Sayang  ga punya stok mi jadi, ide membuat mi sendiri pun muncul
Sebagai pelengkap pingin dikasih pangsit goreng juga. Bikin yang simple aja:

Pangsit Goreng :

–          100 gr tepung terigu

–          1 butir telur ayam kocok lepas ( aku pake setengahnya)

–          50 ml air – tuangkan sedikit demi sedikit saat menguleni

–          parutan saledri (optional, bisa di skip)

–          gula,  garam, merica bubuk – secukupnya
Caranya : campur semua bahan dan uleni hingga sedikit kalis. Bungkus plastik dan simpan di kulkas kurleb 30 menit. Ini bisa disambi macem-macem. Lalu giling adonan hingga tipis dan potong-potong sesuai selera , terakhir goreng hingga kecoklatan.
Sewaktu giling-menggiling ini bantuan suami sangat berperan penting,  karena hanya pake gilingan kayu kecil dan butuh tenaga besar.  Termasuk saat menggiling adonan untuk mi…padahal lagi puasa😀 besoknya sambatan ( mengeluh ) tangannya njarem ( pegel/ kaku ) hehehe…sorry sayyy.

Nah tinggal bikin mi yang rada ragu karena rata-rata butuh alat penggiling, sedangkan aku ga punya. Kesempatan datang saat ronda malam alias berjaga sampai waktu sahur pukul 2 pagi. Giliran ma suami soalnya siang aku da puas tidur😀 . Nekad eksekusi saat itu juga di tengah keheningan malam, haiyyyaa… Sebelumnya googling dulu dan  resep dari blog Just Try and Taste menjadi rekomendasi utama. Pada prakteknya saya modifikasi abis abisan. Berikut step nya:

MI HIJAU
Bahan- bahan :

  1. 300 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 1 sdm tepung kanji ( saya pake Katakuriko 片栗粉)
  3. 1 butir telur
  4. 1 ikat sawi – ambil daunnya aja
  5. Air secukupnya ( waktu coba diukur kira kira yang saya pake 100 ml)
  6. Garam secukupnya
  7. Tepung maizena untuk taburan saat menggiling

Cara membuat :

  1. Blender daun sawi  –> saya pakai Food processor untuk untuk melembutkan daun sawi, ga bisa lembut seperti kalo diblender sih hanya tercincang saja. Sekalian masukkan telur dan proses hingga tercampur rata
  2. Siapkan tepung terigu ,kanji dan garam dalam baskom lalu tuang kocokan telur dan sawi. Aduk rata sambil lalu tambah air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  3. Sudah pasti butuh tenaga besar. Jadi kepikiran dimasukin food processor saja adonan yang sudah tercampur tadi. Tinggal tambahkan air secukupnya  lalu proses hingga adonan menyatu dan sedikit basah . Saya bagi 2 kali proses karen FP ga muat.
  4. Setelah itu baru diuleni dengan tangan sebentar. Baru mengikuti langkah seperti di blog JTT  yaitu dimasukin plastik bersih dan diinjak-injak. Terbantu sekali untuk yang ga punya mesin pengaduk adonan🙂. Sambil  kaki menginjak (sambil memastikan  adonan tetap aman dalam plastik) tangan tetap bekerja mencuci peralatan  hehehe.
  5. Setelah cukup kalis , diamkan dalam lemari es kurleb 1 jam.  Kalo punyaku lebih lama sih karena ditinggal sahur trus habis subuh  setelah beres-beres juga ditinggal tidur :p jadi siang baru dikerjakan lagi.
  6. Keluarkan adonan dari lemari es, siapkan meja/ tempat untuk menggiling adonan dan taburi dengan tepung maizena.  Ambil sedikit adonan , taburi maizena juga lalu gilas/ giling dengan apa aja sampai tipis ( sesuai selera tipisnya) , saya pake kayu penggiling kecil (pake tenaga suami hehehehe). Sisa adonan biarkan tetap dalam plastik.

    step by step menggiling dan mengiris mi

    step by step menggiling dan mengiris mi

  7.  Kalo sudah tipis dan lebar, gulung seperti  tikar secara perlahan lalu iris / potong sesuai ketebalan yng diinginkan.  Cara ini praktis cocok buat yang tempatnya sempit dan minim alat😉.
  8. Buka lagi gulungan adonan yang sudah di iris dan sisihkan dalam wadah. Lakukan tahan menggiling dan mengiris ini sampai adonan habis. Mi siap rebus pun sudah jadi
  9. Untuk merebus, siapkan panci dan air yang banyak. Didihkan air dan tambah sedikit minyak goreng.  Air yang banyak tujuannya biar mi ga mblothong ( lembek) dan diberi minyak biar ga lengket.
  10. Rebus mi dalam air mendidih hingga mengapung, langsung angkat dan siram dengan air dingin. Jika air/ panci tak cukup, lakukan beberapa kali dan ganti air jika sudah kental.
  11. Tiriskan mi yang sudah direbus. Mi asli hand made tanpa pengawet  pun siap diolah.

    mi sebelum di olah dan sesudah siap saji. jadilah pangsit mi ayam hijau

    mi sebelum di olah dan sesudah siap saji. jadilah pangsit mi ayam hijau

Hasil olahan mi tadi jadilah pangsit mi ayam hijau paling enak yang pernah dinikmati . Pas banget buat buka puasa karena ga terlalu mengenyangkan. Alhmadulillah Oishikatta🙂

nb: Untuk penyimpanan menurut info harus kedap udara. Waktu itu 2 hari udah habis alias laku. Jadi untuk awetnya sampai kapan mungkin term & condition tetep berlaku.

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s