erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Membuat Gyouza  餃子を作りましょう

2 Komentar

Makanan Jepang mirip Pangsit isi  ini dari awal bikin penasaran karena bentuk lipatannya unik dan setengah gosong bagian bawahnya.  Sering lihat di toko, tersedia yang siap masak maupun siap makan. Tapi tentu tak bisa dikonsumsi karena mayoritas isinya adalah daging babi. Tersedia juga kulitnya yang siap pakai, tapi itu juga kebanyakan mengandung bahan yang haram dikonsumsi. Ada beberapa teman yang membuat Gyouza sendiri di rumah, dari situ jadi tahu cara masaknya ternyata juga unik🙂 . Karena memerlukan kulit dan sedang ga minat nguleni dan  giling-giling bikin kulit jadi belum kesampaian nyicipin. Alhamdulillah kesempatan pun datang saat agenda belajar Nihongo dengan Noriko san jadwalnya ganti aja untuk belajar masak Gyouza hehehe.
Kulitnya juga bikin sendiri, adonan dan alatnya uda dihandle ma senseinya ;p Jadi pas praktek tinggal giling-giling.

Bahan  untuk kulit jika ingin membuat sendiri  adalah –> Tepung terigu, air dan sedikit garam. Perlu juga tepung maizena atau kanji untuk taburan saat menggiling.

Perbandingan tepung terigu dan air hangat adalah 2: 1.  Misal Tepung 500gr maka air yang dipakai 250 ml. Uleni  tepung,  air dan garam sampai kalis, disini juga dapat tips jika ga punya alat bisa pake jurus injak seperti bikin mi 😉.  Kalo sudah kalis tutup/ bungkus adonan dengan plastik dan diamkan sekitar 1 jam. Bisa juga disimpan di lemari es terlebih dulu.  Baru deh di giling dan di cetak bentuk bulat.

Gambar

Bahan kulit Gyouza yang sedang digiling dan dicetak bulat.

Bahan Isi :

  1. Daging Ayam giling  300gr (optional ingin  daging apa)
  2. Kubis  ½ potong  –> kukus sampai layu kemudian cincang. Jangan lupa peras airnya setelah dicincang
  3. Daun Nira ( Kucai) –> potong kecil-kecil
  4. Bawang putih 2 siung – diparut
  5. Jahe 1 ruas – diparut
  6. Daun bawang 1 batang — dicincang
  7. Shoyu, minyak wijen, merica dan garam  secukupnya

Aduk semua bahan isi sampai tercampur rata.

Cara Memasak :

  1. Ambil 1 lembar kulit , beri 1 sendok isian ( banyaknya isi sesuaikan ukuran kulitnya).
  2. Lipat/ lipit bagian atas hingga tertutup rapat.  Cara lipatnya ini yang agak unik, kalo liat cara di  you tube si satu sisi kulit aja yang dilipit-lipit dan ditempel ke sisi lain. Jadi hasilnya bisa di berdiriin. Tapi daripada repot lipat aja sebisanya😀  lakukan hingga adonan habis.

    Gambar

    Bentuk lipatan yang beraneka ragam😀, siap di masak

  3. Siapkan wajan teflon, beri sedikit minyak dan panaskan di atas kompor. Tata Gyouza diatas wajan dan panggang hingga bawahnya kecoklatan. Bisa juga dibalik agar kedua sisi berwarna kecoklatan. Tapi umumnya sih hanya satu sidi aja yang dipanggang.

    Gambar

    Gunakan wajan yang ada aja🙂

  4. Kalo sudah kecoklatan tuang air diatas wajan hingga gyouza terendam ½ bagian, langsung tutup wajan.
  5. Rebus gyouza hingga air habis (hati-hati  gosong) lalu angkat dan sajikan hangat deh.
    Gambar

    Kalo Indonesia mah ga da sambel ga manteb ya . so silakan dicocol ma sambel favorit. Padahal saus khususnya juga ada🙂

    Gyouza asli yang rapi,  gambar dari umekouji.co.jp

    Gyouza asli yang rapi, gambar dari umekouji.co.jp

     

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

2 thoughts on “Membuat Gyouza  餃子を作りましょう

  1. Bikin sendiri lebih sehat ya mbak, kita jadi tahu isinya apa saja dan tidak ada kandungan bhn kimianya. Saya juga sering bikin pangsit sendiri, cuma kulitnya beli jadi supaya cepat hehe😀 .

    • kondisi terbatas memang membuat kita lebih rajin. Kalo kreatif siy belum termasuk menurutku karena resep tinggal browsing dan hasil sering ga seperti yg dijual. yg penting puas hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s