erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Rice Paper , apaan siih?

4 Komentar

Ini salah satu PR tulisan yang belum sempat di aplot saat masih di Tokyo🙂
langsung aja yaa..

Satu lagi pengalaman menggunakan bahan makanan baru yang ingin ku share juga yaitu tentang rice paper ato bungkus lumpia dari tepung  beras.
Pengen bikin lumpia biasanya kulitnya tinggal beli aja, nah awal datang ke Jepang belum tau harus beli dimana , namanya apa dan bentuk kemasannya seperti apa.  Waktu belanja di Gyomu Supa liat ada Rice paper, karena kepikiran paper tu bisa buat bungkus heheheh. Tapi teksturnya kok keras kayak krupuk ya, penasaran nekad beli juga karena liat gambarnya juga ada makanan mirip lumpia tapi bungkusnya bening.

Nyampe rumah coba baca – baca cara pakainya trus praktekin buat bungkus sayuran mateng ( isi lumpia). Karena bentuknya yang kaku jadi debelumnya harus direndam air. Percobaan pertama rendam airnya kelamaan jadinga malah lengket sana ini dan mudah sobek.  pas uda bisa disiasati  untuk bungkus selanjutnya bingung mau memasaknya. Coba dogereng . di kukus , dipanggang pada lengket dan sobek bungkusnya huhuhuu…jadinya ya lumpia amburadul..

setelah itu baru deh browsing cari resep yang menggunakan rice paper , ( kok ga sebelum- sebelumnya yaa) nemunya juga pengalaman yang sama. Sama- sama lengket dan jadi ga rapih.
Sekian lama itu sisa rice paper tak ditengok dan dibiarin di lemari. Apalagi sudah dapat info dari temen tentang kulit lumpia yang sebenarnya. namanya Harumaki no Kawa ( 春巻きの皮) . Pake itu lebih sukses bikin lumpia ato martabak mini. Makin nganggur lah tu stok rice paper. tak disangka  ada temen FB posting tentang Vietnamnese salad / vietnamnese springroll yang dibungkus pake rice paper, dari situ jadi tahu deh fungsi sebenarnya ( tengok empunya dapur denok aliasneng  Istiwin :)  ) . walah walah…..ternyata emang ga dimasak lagi cara makannya. jadi setelah direndam dan jadi lentur langsung dipake untuk membungkus sayuran segar. Cara merendam pun cukup dicelup air matang lalu dikeringkan pake lap. Tak perlu rendam terlalu lama. Isi sebenarnya tergantung selera ya mau dimasak ato yang fresh. Hasil sharing dengan teman, paling pas isinya pake :
1. udang rebus, seperti udang buat sushi
2. kyuuri, mentimun jepang
3. lettuce ato selada
4. wortel rebus
5. mayonais
6. optional ( dll) sesuai selera hehehe

hmmm jadi seperti salad ya memang. Trus hasil ngobrol juga dengan teman yang sempet diajarin orang Vietnam tentang pemakain Rice paper ini, bisa juga juga lho digoreng untuk lebih menyesuaikan dengan selera lidah Indonesian yang suka gorengan :p tapi tips dan teknik penggorengan kurang tau, maaph yeee. coba experimen aja.

Nah berikut yang pernah saya coba, dengan isian : tumis sayur, kyuuri ( mentimun) dan nori.

1. ambil rice paper per lembar
2. basahi satu persatu dan setelah lentur langsung lbentangkan diatas  bidang datar untuk diisi
3. tata isian di atasnya
4. gulung , sajikan dan nikmati segera yaa

IMG_0505
nb: kalo uda agak lama rice paper jadi kenyal alias rada ulet kalo digigit..emang gitu pa ya?? masih penasaran niy😀

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

4 thoughts on “Rice Paper , apaan siih?

  1. Carara bikin kulitnya bahan nya dan ukurannya dan cara buatnya

  2. Saya udah ke vietnam di pegunungan , cara buat liat tapi resepnya ndak bisa jelaskan karena bahasa nya vietnam ,

  3. Kalo di Indo beli dimana ya kak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s