erakhma

The longer you put off a job, the harder it to start

Next part of JLPT level 2 : the Result – 日本語能力試験の結果

4 Komentar

Alhamdulillah setelah menunggu kurang lebih 2 bulan, hasil tes JLPT (Japanese Language Proficiency Test) yang pernah diikuti akhirnya diumumkan. Posisi saat pengumuman sudah di tanah air tepatnya di kampong halaman dengan akses internet terbatas.  Masih beruntung ada modem yang mau memberikan sinyalnya untuk akses. Agak telat 2 hari mengetahui pengumuman yang sudah keluar di web My JLPT tanggal 27 Agustus 2013.  Hasilnyaaa mengejutkan …what a miracle, saya bisa lulus N2. Subhanallah, sungguh tidak menyangka dan merasa tidak ada usaha lebih untuk bias lulus. Selain pasti Karena kemurahan dan kemudahan dari Allah SWT.  Hadiah yang istimewa buat dede bayi karena mau diajak kerja sama :)  meski sampe sini belum tahu mau dipake apa itu status lulus N2, apalagi uda ga pake nihogo lagi sehari-hari jadi makin terkikis kalo ga dilatih terus. Karena yang paling kerasa saat mengikuti tes adalah bagian Chokai (listening) yang dulu kagok banged, nah pas tes terasa biasa karena memang masih di jepang dan sehari-hari yang didengar adalah nihongo. Jadi mungkin tips untuk yang mau ikutan tes lagi harus membiasakan untuk mendengar percakapan nihongo secara intensif dari berbagai media.

skor ga terlalu tingggi yg penting lulus ya ;)

skor ga terlalu tingggi yg penting lulus ya😉

Selanjutnya adalah bagaimana proses  untuk apply Certificate dan skornya.  Alhamdulillah ada teman yang masih domisili di jepang yang bersedia membantu mengurus prosesnya.  Aplikasinya tetap melalui web MYJLPT hanya saja untuk issued harus membayar 1000 Yen per lembar dan bias dikirim ke alamat di Jepang maupun abroad.
1.  Pengiriman  ke alamat Luar Negri : Ketika mencoba apply untuk dikirim ke alamat Indonesia ( dengan mengganti data alamat personal data / Modify MyJLPT Registration) ternyata pembayarannya harus dengan kartu kredit.  Berhubung ga punya kartu kredit jadi batal deh apply pengeluaran certificatenya.  Mikir lagi cara, Alhamdulillah bisa dengan bentuan teman ( agak merepotkan jadinya ya harus hutang dl ;p )

2. Pengiriman ke alamat di Jepang : Cukup simple karena pembayaran dilakukan di kombini aja, seperti waktu pendaftaran dulu. Step by Stepnya juga ada penjelasannya di web. Untuk alamat diganti dengan alamat teman yang kita mintai tolong. Beruntung lagi alamat teman yang membantu sama  karena 1 Asrama, tinggal ganti  nomor room aja. Saat apply ini yang login su ami yang sudah merantau lagi ke Jakarta karena di rumah ga ada modem jadi memandu caranya dari jauh sambil telpon & sms-an hehehe.  Tempat yang dipilih adalah kombini Lawson dekat asrama, disertai siapa nama yang akan membayar. Jadi waktu input ke mesin Loppy sudah ada nama  si pembayar. Hanya saja untuk no telpon yang di input harus no telpon peserta ujian. Eh Alhamdulillah lagi no telpon Jepang yang dulu masih aktif karena ada teman lain yang meneruskan kontrak telponnya.

step by step masih sama seperti saat mendaftar tes

step by step masih sama seperti saat mendaftar tes

Kalo uda dibayar akan ada konfimasi by email dan status di akun MyJLPT kalo uda paid. Nah 1 minggu kemudian dokumennya uda diterima deh. Tinggal minta tolong untuk dikirim ke Indonesia hehehe. Bersyukur deh punya teman-teman yang pengertian ( spesial thanks to Farida yaa)

Penulis: erlinarakhma

Masih belajar bagaimana menjadi Istri dan ibu yang baik, benar , tidak sombong dan sholihah :) Kayaknya tipe Sanguin- plegmatis deh. Suka malu malu mau buat meraih apa yang diimpikan. Tapi kalo uda ada kemauan rasanya meledak-ledak.

4 thoughts on “Next part of JLPT level 2 : the Result – 日本語能力試験の結果

  1. 私も負けたくないです!頑張れ!

  2. Slamat ya dah lulus🙂 So happy for you! Personally I think education are most important too

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s